Breaking News

AstraZeneca Masih Jadi Polemik, Ketua DPD RI Berharap Utamakan Vaksin Halal


Polemik mengenai penggunaan vaksin AstraZeneca masih bergulir. Salah satu yang menjadi masalah adalah kandungan babi yang terdapat di dalamnya.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap vaksin halal tetap diusahakan agar tidak terjadi polemik di masyarakat.    

Polemik penggunaan vaksin AstraZeneca disebabkan fatwa haram Majelis Ulama Indonesia (MUI). Fatwa dikeluarkan lantaran di AstraZeneca  terdapat kandungan babi.

Meski demikian, ketua senator asal Jawa Timur itu mengatakan MUI tetap memperbolehkan penggunaan AstraZeneca lantaran kondisinya mendesak.

"Kita menyakini fatwa MUI berdasarkan fiqh daruroh. Artinya, penetapan kebolehannya berdasarkan darurah syariah, jika tidak digunakan akan terjadi resiko yang besar. Penggunaan vaksin ini harus berdasarkan pada keadaan yang mendesak," tutur LaNyalla, Sabtu (20/3).

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Jatim itu mengaku tetap berharap pemerintah mengupayakan vaksin yang halal untuk digunakan.

"Harapannya pengembangan vaksin nusantara betul-betul dapat diwujudkan untuk pengendalian Covid-19 sehingga kita punya alternatif. Selain itu, hal ini juga bisa membantu mengatasi polemik mengenai vaksin di tengah masyarakat," tuturnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net
AstraZeneca Masih Jadi Polemik, Ketua DPD RI Berharap Utamakan Vaksin Halal AstraZeneca Masih Jadi Polemik, Ketua DPD RI Berharap Utamakan Vaksin Halal Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar