Breaking News

[VIRAL!] Pria Di Makassar Pungut Beras di Jalanan


Video seorang pria di Makassar, sedang memungut beras dengan narasi sengaja ditumpahkan agar pengendara iba atau memberi sumbangan kepadanya viral di media sosial (medsos). Dinas Sosial (Dinsos) Makassar pun angkat bicara soal video itu.

Dalam video yang viral, tampak seorang pria memungut beras di pinggir Jalan Toddopuli, Makassar. Tapi narasi dalam video menyebutkan bahwa pria itu memang sengaja menumpahkannya sehingga para pengendara yang melintas merasa iba kemudian memberikan sumbangan ala kadarnya.
 
Terkait beredarnya video ini, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Makassar Mukhtar Tahir mengingatkan kembali masyarakat agar tak asal memberikan sumbangan, khususnya di tepi jalan.
 
“Tidak diperbolehkan sebenarnya masyarakat memberikan sesuatu di jalan-jalan atau di tempat-tempat publik, itu sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2016,” kata Mukhtar Tahir kepada detikcom, Rabu (17/2/2021).

Mukhtar mengatakan perda ini bukan untuk melarang tangan-tangan dermawan membantu sesama, melainkan untuk mencegah orang-orang yang berpura-pura dalam meminta sumbangan.

“Makanya sekarang kita memberikan pembelajaran kepada masyarakat, selain memberikan, ada aturannya, tidak bisa di jalan,” kata Mukhtar.
 
Tidak hanya itu, kata Mukhtar, pihak-pihak yang biasanya meminta sumbangan di jalan dengan alasan kemanusiaan tetap ada aturannya.

“Kalau kita meminta sumbangan pun atau orang kita temukan (minta sumbangan) di jalan juga ada aturannya, tapi selama ini masyarakat tidak pernah melakukan itu,” kata dia.

Untuk itu, sambung Mukhtar, masyarakat ke depannya harus bijak agar tidak menjadi korban dari orang-orang tak bertanggung jawab di jalanan.

“Iya, supaya menyalurkan di tempat-tempat yang memang disyaratkan untuk itu,” katanya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tangkapan layar video viral pria di Makassar memungut beras di jalan. (Foto: dok. Istimewa)
[VIRAL!] Pria Di Makassar Pungut Beras di Jalanan [VIRAL!] Pria Di Makassar Pungut Beras di Jalanan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar