Breaking News

Diberondong Tembakan, Mendagri Libya Fathi Bashagha Selamat Dari Upaya Pembunuhan


Menteri Dalam Negeri Libya, Fathi Bashagha dilaporkan selamat dari upaya pembunuhan pada Minggu (21/2) waktu setempat.

Seorang pejabat di lingkaran dalam Bashagha mengatakan, upaya pembunuhan tersebut terjadi saat iring-iringan kendaraan menteri dan rombongan melintas di jalan raya dekat ibu kota Tripoli.

"Konvoi Fathi Bashagha ditembaki dari mobil lapis baja saat dia berada di jalan raya. Pengawalan polisi membalas tembakan. Dua dari penyerang ditangkap dan yang ketiga di rumah sakit," kata sumber itu, seraya menambahkan bahwa "menteri baik-baik saja," seperti dikutip dari AFP, Minggu (21/2).

Saat kejadian, Bashagha, seorang politisi kelas berat dalam politik Libya, tengah dalam perjalanan untuk kembali dari kunjungan rutin ke unit keamanan baru yang diawasi oleh departemennya, kata sumber yang sama.

Pria 58 tahun itu telah menjabat sebagai menteri dalam negeri di Pemerintahan Kesepakatan Nasional sejak 2018 dan telah mempertaruhkan reputasinya dalam memerangi korupsi.

Libya telah diwarnai oleh kekerasan sejak pemberontakan yang didukung NATO pada 2011 yang menggulingkan dan membunuh diktator Muammar Gaddafi.

Bashagha dipandang sebagai tokoh favorit untuk memimpin pemerintahan sementara baru di bawah upaya perdamaian yang dipimpin PBB menyusul gencatan senjata Oktober tahun lalu.

Namun, pos tersebut akhirnya jatuh ke tangan pengusaha Abdul Hamid Dbeibah, seorang insinyur berusia 61 tahun, yang menyerukan rekonstruksi, demokrasi, dan reunifikasi di Libya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Dalam Negeri Libya, Fathi Bashagha/Net
Diberondong Tembakan, Mendagri Libya Fathi Bashagha Selamat Dari Upaya Pembunuhan Diberondong Tembakan, Mendagri Libya Fathi Bashagha Selamat Dari Upaya Pembunuhan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar