Breaking News

Kerumunan Tak Terelakkan di Pemakaman Habib Ali bin Assegaf


Para pelayat mendatangi pemakaman Habib Ali bin Assegaf. Meski sudah ada imbauan agar pengikut Habib menghindari kerumunan, namun tetap saja, kerumunan tak terelakkan. Suasana ini muncul saat Jakarta masih berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mencegah penularan COVID-19.

Sejak pagi hari, informasi pasti terkonfirmasi bahwa guru dari Habib Rizieq Shihab tersebut akan dimakamkan di permakaman Habib Kuncung, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan. Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif mengimbau agar para pelayat atau pengiut Habib Ali tidak datang berkerumun ke lokasi pemakaman.

"Cukup mendoakan dan salat gaib saja dari rumah masing-masing agar tidak terjadi kerumunan," kata Slamet kepada wartawan, Sabtu (16/1) pagi.

Namun pelayat sudah datang di permakaman Habib Kuncung, Rawajati, sejak pagi hari. Pukul 08.30 WIB, pria-pria yang mayoritas berpeci putih sudah memadati jalanan depan makam. Kerumunan sudah terjadi.

Petugas gabungan TNI-Polri terlihat bersiaga mengurai kepadatan. Tujuannya supaya mobil jenazah dapat melintas masuk ke area pemakaman.

"Kami minta antum setelah pemakaman, mau ziarah, mau tahlil, mau Yasin, silakan. Sekarang saya minta tahan dulu. Karena keluarga belum sampai ke pemakaman. Antum pun masuk akan ditutup, percuma. Jadi, setelah pemakaman selesai, antum bisa ziarah," kata seorang pria yang berbicara dari atas kursi kepada kerumunan orang di sini.

Orang-orang di sini sempat dorong-dorongan karena sama-sama berusaha masuk ke area permakaman. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Polisi meminta para pelayat mundur.

Terlihat massa mulai memadati sekitar Jl Rawajati IV hingga ujung jalan untuk menunggu kedatangan jenazah Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, yang akan dimakamkan di pemakaman Habib Kuncung.

Tak lama berselang, mobil pembawa jenazah Habib Ali tiba di lokasi, pukul 10.49 WIB. Para pelayat melantunkan tahlil. Mereka kemudian menunaikan salat jenazah bersama-sama di jalan ini.

Jenazah Habib Ali selesai dimakamkan. Pukul 11.49 WIB, prosesi pemakaman selesai, mobil-mobil meninggalkan lokasi. Pelayat berangsur-angsur pulang meskipun ada yang bertahan.

Siang hari, petugas pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan di sekitar lokasi yang berdekatan dengan area Masjid Jami At-Taubah ini. Tujuannya, meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19. Pada sore harinya, peziarah berdatangan meski tidak menimbulkan kepadatan seperti pagi beberapa jam sebelumnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pelayat Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf (Syahidah Izzata/detikcom)
Kerumunan Tak Terelakkan di Pemakaman Habib Ali bin Assegaf Kerumunan Tak Terelakkan di Pemakaman Habib Ali bin Assegaf Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar