Breaking News

Video Gisel Muncul Lagi Setelah Dihapus? Ini Kata Pakar


Aktris Gisella Anastasia (Gisel) akhirnya membuat pengakuan bahwa video asusila yang tersebar luas di media sosial di awal November 2020 tersebut adalah benar dirinya.

Sebelumnya, pada 8 Desember lalu, pengacara Hotman Paris menyebutkan bahwa Gisel telah berbicara dengannya.

Berdasarkan pengakuan Gisel, Hotman menjelaskan bahwa tiga tahun lalu Gisel telah memberikan ponsel pintar miliknya ke manajernya. Gisel juga sudah menghapus semua data yang ada di dalam ponselnya tersebut.

Ternyata, meski sudah dihapus, Hotman menyebutkan, ada data yang muncul dari ponsel Gisel tersebut. Hotman tidak menjelaskan secara detail mengenai yang muncul. Namun kini, Gisel dan pria berinisial MYD ditetapkan sebagai tersangka atas video tersebut.

Pertanyaan muncul terkait pernyataan Gisel yang sudah menghapus data di dalam ponselnya tetapi bisa muncul kembali. Benarkah demikian?

Peneliti lembaga riset keamanan siber CISSReC, Ibnu Dwi Cahyo, mengatakan, data di dalam ponsel pintar yang sudah dihapus bisa dipulihkan. Bahkan, pemulihan data bisa sangat mudah dilakukan untuk ponsel Android.

Ibnu mencontohkan, ketika ponsel Android milik seseorang hilang, maka data bisa dipulihkan dengan 'me-restart' ponsel. Setelahnya, perangkat bisa langsung digunakan.

Namun, lanjut Ibnu, dibutuhkan perangkat lunak khusus untuk mengambil data yang sudah dihapus. Hal ini juga berlaku untuk data yang secara otomatis tersimpan di factory reset. 

"Kalau cuma dihapus sudah di-backup itu kan gampang, memang ponselnya sendiri bisa, tapi ada software khusus,” kata Ibnu saat dihubungi republika.co.id, Selasa (29/12).

Ibnu mengungkapkan ada beberapa software yang bisa dipakai, seperti deep recovery tools atau dumpster. Semuanya bisa dipakau untuk memulihkan data yang sudah dihapus atau yang ada di dalam factory reset.

Kemudian, Ibnu menjelaskan, untuk perangkat iOS, seperti iPhone, pemulihan data akan cukup sulit dilakukan. Pasalnya, pemulihan data harus dilakukan dengan memasukkan iCloud.

Bila melihat kasus Gisel, Ibnu mengatakan bahwa kejadian ini banyak terjadi dari perangkat milik para pesohor. Sebut saja beberapa aktris Hollywood, seperti Scarlett Johansson dan Jennifer Lawrence. Keduanya sempat mengalami kebocoran data sehingga foto tanpa busananya menyebar.

Ibnu menjelaskan, kasus Johansson dan Lawrence terjadi karena keduanya menjadi korban phishing. Mereka menerima email yang seolah datang dari pihak Apple, dan meng-klik tautan untuk dimintai username dan password. Ketika sudah mendapatkan keduanya, pelaku kemudian membobol iCloud.

"Kan gini, kalau kita pakai iPhone, seumpama, iCloud itu kan ada 15GB, ada 5GB. Artis-artis kadang beli langganan yang mungkin ratusan giga. Kalau iPhone itu settingan defaultnya adalah setiap video yang baru diambil dari iPhone itu otomatis naik ke iCloud, tersimpan di iCloud defaultnya,” jelasnya. 

Ibnu menjelaskan, data di dalam ponsel, seperti foto dan video, masih akan tersimpan di dalam iCloud dan tidak ikut terhapus meski sudah dihapus dari penyimpanan ponsel. Data akan tersimpan di iCloud apabila pengaturan ponsel masih dalam mode default. 

Kebocoran e-commerce juga bisa menjadi pembuka jalan peretas menyebarkan foto dan video privasi. Hal ini bisa terjadi ketika email dan password yang digunakan sama.

Ibnu memberi contoh Tokopedia mengalami kebocoran data 91 juta lebih dan rata-rata email dan password di Tokopedia sama dengan email Facebook, Instagram bahkan iCloud. Sejak ada kebocoran Tokopedia, kata Ibnu, banyak orang kehilangan Facebook, Instagram, dan Twitter karena memakai email dan password yang sama.

“Nah kan bisa jadi ada orang pakai iCloud dengan mungkin alamat email sama usernamenya sama, passwordnya sama, si peretas iseng cek bisa masuk, ternyata ada foto-foto, video privasi semacam itu yang sebenarnya di ponsel yang punya itu dihapus tapi di iCloud belum dihapus,” ujarnya.

“Kalau ponsel kita hilang, medsos kita diambil orang itu kan pertahanan terakhirnya email. Kalau email kita passwordnya sama dengan medsos yang dibajak, email kita ikutan hilang gitu. Lah kalau orang bisa buka email kita, buka iCloud kita, nanti ada data sensitif atau ada foto privasi kayak gitu kan bahaya,” kata Ibnu.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Penyanyi dan pemain film Gisella Anastasia menyambangi Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2020). (Wartakota)
Video Gisel Muncul Lagi Setelah Dihapus? Ini Kata Pakar Video Gisel Muncul Lagi Setelah Dihapus? Ini Kata Pakar Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar