Breaking News

6 Laskar FPI Tewas, Habib Rizieq Tersangka, Ketegangan Bakal Makin Keras


Ketegangan hubungan pemerintah dengan Front Pembela Islam (FPI) diperkirakan bakal berlangsung lama, bahkan bisa hingga Pilpres 2024 mendatang.
 
Hubungan makin panas setelah enam laskar FPI diketahui tewas di Tol Jakarta-Cikampek saat berhadapan dengan aparat kepolisian, Senin (7/12) dini hari lalu.

Selain itu, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab juga resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan massa yang terjadi di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, 14 November 2020.

Pemimpin FPI itu dijerat Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan dan 216 KUHP tentang Upaya Melawan Petugas.

"Jadi tentu saja akan semakin tegang. Kemarin-kemarin kan cuma gontok-gontokan perang narasi. Ini kan sudah ada yang tewas, tentu hubungannya mengeras. Agak sulit untuk diketemukan konteksnya," ujar pengamat politik Adi Prayitno kepada jpnn.com, Jumat (11/12).

Dosen di Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta ini bahkan memprediksi, hubungan tak harmonis FPI dengan pemerintah, bisa berlanjut hingga Pilpres 2024 mendatang.

"Cukup potensial mas (berlarut hingga Pilpres 2024) karena ada yang meninggal. Ini bukan perkara gampang, pasti ketegangan ini tak mungkin cepat berakhir, pasti akan membekas," ucapnya.

Direktur Eksekutif Paramater Politik Indonesia ini menyarankan pemerintah mengambil langkah antisipasi. Agar persoalan tidak terus menerus berlarut. Karena tidak baik bagi pemerintahan.

"Apa pun caranya, mesti ada upaya, treatment, pendekatan. Penting ada pendekatan pada FPI. Ini sebenarnya persoalan komunikasi saja," ucapnya.

Lebih lanjut Adi mengatakan, upaya yang paling memungkinkan adalah islah maupun rekonsiliasi, agar persoalan tidak berlarut. Islah sangat baik untuk mencari titik temu.

"Karena bagaimana pun yang enam orang itu anak bangsa, nyawa orang. Enggak layak untuk diihilangkan, apa pun kesalahannya."

"Jadi, perlu diungkap siapa tahu kepolisian punya argumentasi yang cukup rasional sehingga mereka mengambil tindakan tegas. Ini yang perlu diklirkan, biar tidak berlarut-larut," imbuhnya.

Adi berharap keadaan bisa segera kondusif. Artinya, sekali pun ada pertentangan, tetapi bisa diselesaikan dengan cara-cara yang elegan.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Laskar FPI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com
6 Laskar FPI Tewas, Habib Rizieq Tersangka, Ketegangan Bakal Makin Keras 6 Laskar FPI Tewas, Habib Rizieq Tersangka, Ketegangan Bakal Makin Keras Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. TUAN ADI ORAYITNO YG TERHORMAT ini memang RUNCING, kedua Belah pihan menciptakan Masalah yg RUNCING YG MENGARAH JEPADA DIRI KEDUA BELAH PIHAK YG BENTROK, Maka yg akan kalah adalah "SIAPA MENYERANG DULUAN" BUKAN MAU TARIK MENARIK SAMPAI 2024, Pemerintah punya program pembangunan bukan untuk tarik menarik dg FPI sampai 2024, kalo Polisi yg salah mka Tamatkah Anggota polisi yg melakukan pembunuhan terhadap 6 org Anggota komplotan Riziek sihab, tetapi kalo Komplotan Riziek Sihab Mati karene Mereka yg Menyerang Polisi duluan maka Nama FPI Naik menjadi tingkat Tertinggi di NKRI ini yaitu " TERORIS " yg sdh Pasti tak punya Ruang dan tempat di NKRI bahkan di seluruh dunia. Maka tak akan Tefang sanpai 2024. Singkat dan padat gak usah tarik menarik hingga 2024, kalau FPI kakah dalam kasus ini Maja Ada jalan Terbuka lebar bagi Calon Presiden dan WaPres Dari PDIP 2024 Lolos lagi intuk memimpin NKRI, Kalau FPI menang dlm Kasus ini maka TAMAT SUDAH RIWAYAT PDIPuntuj 2024 nanti,tapi lawan politik PDIP tidak akan menang MUTLAK MAYORITAS PARLEMENTER. Itu Orediksi saya, jadi kuncinya nanti di pengadilan soal INSIDEN KM50 TOL JAKARTA CIKAMPEK LAH YG AKAN MENENTUKAN ARAH PIKIHAN RAKYAT 2024 NAanti

    BalasHapus