Breaking News

Sosok Habib Rizieq Husein Shihab, Lulusan King Saud University Predikat Cum Laude


Nama lengkapnya adalah Muhammad Rizieq Husein Shibab. Dia dikenal orang dengan sebutan Habib Rizieq Shihab, seorang ulamasekaligus imam besar Front Pembela Islam (FPI).

Dilahirkan di Jakarta 24 Agustus 1966, Rizieq merupakan anak Habib Hussein Shihab dan Syarifah Sidah al-Attas. Dikutip dari buku berjudul Sisi Lain Habib Rizieq karya Fikry Muhammadi, sejak kecil pentolan FPI itu adalah seorang anak yang sudah dibesarkan di tengah lingkungan keluarga Hadhrami.

Namun uniknya Habib Rizieq tidak mengenyam pendidikan formal atau semiformal agama di madrasah. Dia juga tidak menimba ilmu agama di pesantren. Habib Rizieq malah bersekolah di SMP Bethel di dekat rumahnya, Petamburan, Jakarta Pusat.

“Sebebelumnya Ayip (Habib Rizieq) kecil bersekolah di SDN 01 Petamburan, kemudian melanjutkan ke SMP Kristen Bethel. Di tingkat lanjut, beliau sekolah di SMAN 4 Gambir, Jakarta Pusat,” tulis buku Sisi Lain Habib Rizieq sebagaimana dikutip Jumat (6/11/2020).

Di saat duduk di bangku SMA, Habib Rizieq memiliki kebiasaan yang berbeda dengan teman-teman seusianya. Ketika remaja lainnya sibuk mencari jatidiri, dia aktif dalam pengajian keliling mingguan.

Melansir dari sumber lain yaitu Wikipedia, pada 1983 Habib Rizieq mengambil kelas Bahasa Arab di Lembaga Ilmu Pengatahuan Islam dan Arab (LPIA). Satu tahun menempuh studi di sana, Habib Rizieq mendapatkan tawaran beasiswa dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk kuliah di Arab Saudi.

Ia pun melanjutkan program sarjana jurus jurusan studi Agama Islam (Fiqih dan Ushuk Fiqh) ke King Saud University yang ditempuh selama empar tahun. Lalu di tahun 1990, Habib Rizieq lulus lengkap dengan predikat Cum Laude.

Habib Rizieq sempat mengambil program pascasarjana di Universitas Islam Internasional Malaysia selama satu tahun. Namun dia kembali ke Tanah Air karena alasan biaya. Beberapa tahun kemudian dia mengambil kuliah di bidang syari’ah dan meraih gelar Master of Arts (M.A.) pada 2008 di Universitas Malaya. Tesisnya berjudul Pengaruh Pancasila Terhadap Pelaksanaan Syariat Islam di Indonesia.

Pada tahun 2012, Habib Rizieq kembali ke Malaysia dan melanjutkan program pendidikan doktor dalam program Dakwah dan Manajemen di Fakultas Kepemimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Saat ini ia sedang menyelesaikan disertasinya yang berjudul Perbedaan Asal dan Cabang Ahlussunah Wal Jama’ah di bawah pengawasan Prof. Dr. Kamaluddin Nurdin Marjuni dan Dr. Ahmed Abdul Malek dari Nigeria’.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), M. Rizieq Shihab/RMOL
Sosok Habib Rizieq Husein Shihab, Lulusan King Saud University Predikat Cum Laude Sosok Habib Rizieq Husein Shihab, Lulusan King Saud University Predikat Cum Laude Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar: