Breaking News

Ngeri-ngeri Sedap, TNI AU Bakal Punya Trio Maut Jet Tempur Terbaik Dunia, F-35, F-16 Viper dan Su-35


TNI AU mempunyai tugas pokok yakni menjaga kedaulatan Indonesia di udara.

Juga menjaga superioritas Indonesia di wilayah udaranya sendiri dari unsur-unsur asing yang mencoba menyerobot masuk.

Tapi untuk melaksanakan hal itu perlu adanya alutsista mumpuni.

Untuk mewujudkan hal tersebut Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Prabowo Subianto beberapa waktu lalu berkunjung ke Amerika Serikat (AS).

Di sana Prabowo bertemu dengan Menhan AS Mark Esper.

“Prabowo adalah menteri pertahanan yang ditunjuk oleh presiden Indonesia Jokowi yang dua kali terpilih, dimana Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia,” kata seorang pejabat Pentagon yang tak mau disebut namanya seperti dikutip zonajakarta.com dari The New York Times.
 
“Dia adalah teman kita, dari kemitraan yang sangat penting, dan penting bagi kita untuk terlibat dengannya dan memperlakukannya sebagai mitra”, tambahnya.

Juga ada selentingan kabar dimana saat Prabowo berkunjung ke AS untuk menegosiasikan apakah Indonesia bisa memiliki jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Kini jawaban atas kabar tersebut ditanggapi oleh Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi.

Seperti perkiraan banyak pengamat, Indonesia bisa memiliki F-35 namun harus dengan syarat.

“F-35 ini adalah pesawat tempur generasi kelima, jadi ini kan ada platform-platformnya yang mesti kita kerjakan untuk bisa mendapatkan generasi kelima, kita mesti dapatkan generasi keempat dan 4,5,” ujar Lutfi dalam keterangannya di konferensi pers yang diterima zonajakarta.com, Senin (2/11/2020).

Lutfi membocorkan jika memang Menhan Prabowo saat bertemu dengan Mark Esper membicarakan pembelian F-35 oleh Indonesia.

Syarat Indonesia untuk memiliki F-35 ialah harus juga membeli jet tempur generasi 4,5 diantaranya ialah F-16 Block 72 atau kerap dijuluki F-16 Viper, varian paling canggih dan berbahaya dari keluarga Fighting Falcon karena sudah dilengkapi dengan radar AESA.

“Ini adalah pesawat tempur F-16 termutakhir sebelum kita bisa mendapatkan platform F-35,” kata Lutfi.

Namun Indonesia harus menunggu selama 9 tahun karena waiting list pemesan F-35 sangat banyak.

“Setelah itu kita bisa mengikuti F-35. F-35 itu waiting line atau waiting time-nya sudah 9 tahun,” kata Lutfi.

“Jadi kalau kita mesti menunggu 9 tahun ini keburu kadaluarsa sehingga kita mesti mendapatkan pesawat di tengah,” lanjutnya.

Tapi AS akan memberikan sebuah keistimewaan bagi Indonesia agar jangan sampai menunggu selama 9 tahun alias dipercepat.

Menariknya AS tidak membatasi Indonesia harus membeli F-16 Viper karena disebut harus membeli jet tempur generasi 4,5 lansiran Paman Sam.

Seperti diketahui hanya tiga jenis jet tempur generasi 4,5 di AS yang masih aktif operasional yakni F-15 Silent Eagle dan F/A-18F Super Hornet yang keduanya juga tak kalah seram dari F-16 Viper.

Terlebih Indonesia bisa memiliki trio jet tempur maut karena Skadron Udara 14 TNI AU akan kedatangan Super Flanker dari Rusia, Sukhoi Su-35.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ngeri-ngeri Sedap, TNI AU Bakal Punya Trio Maut Jet Tempur Terbaik Dunia, F-35, F-16 Viper dan Su-35 /tniau.mil.id
Ngeri-ngeri Sedap, TNI AU Bakal Punya Trio Maut Jet Tempur Terbaik Dunia, F-35, F-16 Viper dan Su-35 Ngeri-ngeri Sedap, TNI AU Bakal Punya Trio Maut Jet Tempur Terbaik Dunia, F-35, F-16 Viper dan Su-35 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar