Breaking News

Kajian Habibie Center, Kualitas Demokrasi Indonesia Alami Kemunduran


Secara akademik, Indonesia masuk kategori negara demokrasi. Hanya saja, pada praktiknya masih terjadi pelanggaran-pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terkesan justru tidak demokratis.

Dewan Pakar The Habibie Center, Prof Indria Samego mengatakan, kualitas demokrasi di Indonesia mengalami penurunan sejak lima hingga enam tahun terakhir.

Kata Indria, kemunduran itu terjadi pada bidang kebebasan sipil yang dinilainya cukup mengkhawatirkan.  

“Dari sisi akademik, kita bisa disebut sebagai negara demokrasi (democracy state) tetapi bahwa dalam 5-6 tahun belakangan kualitas demokrasi Indonesia mengalami penurunan, terutama dikaitkan dengan kebebasan sipil,” ujar Indria Samego saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk “Dua dekade dan kiprah The Habibie Center” pada Selasa (24/11).

Namun, terkait kebebasan menggunakan hak untuk memilih dan di pilih, dalam hal ini Pemilihan Umum (Pemilu) masih cukup stabil.

Dalam kajian Habibie Center fenomena berbeda saat terkait dengan kebebasan sipil selain Pemilu.

Dikatakan Indria, fenomena itu cukup menghawatirkan keberlangsungan demokrasi di tanah air.

“Pemilu on the right track. Tetapi kebebasan sipil agak mengkhawatirkan, karena banyak terutama yang menggunakan ukuran-ukuran HAM. Di Indonesia ini masih terjadi pelanggaran-pelanggaran HAM,” pungkasnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Dewan Pakar Habibie Center, Prof Indria Sumegp/RMOL
Kajian Habibie Center, Kualitas Demokrasi Indonesia Alami Kemunduran Kajian Habibie Center, Kualitas Demokrasi Indonesia Alami Kemunduran Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar