Breaking News

3 Catatan Penting MAKI soal Irjen Napoleon Siap Buka-bukaan di Sidang


Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendukung Irjen Napoleon Bonaparte buka-bukaan untuk mengungkap perkara penghapusan red notice Djoko Tjandra. Bahkan, MAKI menantang Napoleon untuk membukanya saat ini tanpa menunggu waktu persidangan.

"Saya sangat menunggunya dan jangan nanti, sekarang saja," kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu (18/10/2020).

Boyamin menyampaikan ada tiga hal yang bisa diungkap Napoleon terkait perkara yang menjeratnya. Pertama, Boyamin menyebut Napoleon bisa membuka adanya oknum lain yang diduga turut terlibat termasuk dari institusi kepolisian.

"Kedua, Djoko Tjandra yang menjadi sentral perkara ini diduga memiliki perkara dengan instansi lainnya," lanjutnya.

Ketiga, sambung Boyamin, Napoleon diduga memiliki data lain untuk membongkar kasus ini. Data itu, sebut Boyamin, bisa saja diperoleh dari rekan sejawat Napoleon di institusi kepolisian.

"Napoleon diduga memiliki data lain rekan-rekannya di kepolisian," imbuhnya.

Boyamin berharap Napoleon bisa membuka secara terang benderang perkara ini. Sehingga, kata Boyamin, institusi penegak hukum akan bersih dari oknum nakal sesuai amanat Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Pak Napoleon barangkali dalam konteks itu akan bisa membuka ketiganya sekaligus, sehingga akan terjadi bersih-bersih di kepolisian dari oknum yang nakal sebagaimana amanat Kapolri Idham Azis," ujar Boyamin.

Seperti diketahui, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan telah selesai melakukan proses administrasi alat bukti dari para tersangka dalam perkara dugaan penghapusan red notice Djoko Tjandra. Para tersangka siap disidangkan.

Salah satu tersangka, Irjen Napoleon Bonaparte, sempat menanggapi pertanyaan awak media yang mencecarnya terkait kesiapan menjalani sidang. Napoleon menyebut akan ada waktu untuk membuka semua perkara ini.

"Ada waktunya, ada tanggal mainnya, kita buka semuanya nanti," kata Napoleon kepada wartawan.

Namun Napoleon tidak menyebutkan maksud pernyataannya itu. Dia langsung masuk ke mobil tahanan.

Dalam kasus dugaan gratifikasi pencabutan red notice Djoko Tjandra, dua tersangka diduga berperan sebagai penyuap dan dua tersangka lainnya penerima suap.

Dua penyuap yang dimaksud adalah Djoko Tjandra serta pengusaha Tommy Sumardi. Sedangkan dua penerima suap adalah mantan Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte dan mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo.

Source: detik
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Boyamin Saiman (Foto: Farih/detikcom)
3 Catatan Penting MAKI soal Irjen Napoleon Siap Buka-bukaan di Sidang 3 Catatan Penting MAKI soal Irjen Napoleon Siap Buka-bukaan di Sidang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar