Breaking News

Kejagung Temukan Inisial DK di Proposal Pinangki ke Djoko S Tjandra


Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pendalaman terhadap perkara pengurusan proyek bebas terpidana Djoko S Tjandra melalui fatwa Mahkamah Agung (MA) yang diajukan Jaksa Pinangki Sirna Malasari pada November 2019 lalu.

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah mengatakan dalam dokumen proposal yang didapatkan tim penyidik ada sosok berinisial DK yang diduga berkaitan dengan upaya pembebasan Djoko Tjandra saat masih berstatus buron.

Lihat juga: Kejagung Kembalikan Berkas Red Notice Djoktjan ke Polisi
"Kami enggak tahu [identitas DK], yang jelas DK itu ada data, singkatannya DK. Makanya kami lagi cari, DK ini siapa," ujar Febrie kepada wartawan di Gedung Bundar, Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (11/9).

Dia mengatakan pihak penyidik sempat menanyakan inisial nama tersebut kepada Pinangki saat menjalani pemeriksaan. Namun sejauh ini, kata Febrie, Pinangki belum mengungkapkan sosok tersebut.

Dalam kasus ini, Febrie menyatakan bakal berkoordinasi dengan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri untuk menelusuri identitas dari inisial yang tercantum itu.

"Jangan-jangan dia [penyidik Bareskrim] tahu nama DK. kan di sana nyidik juga," ujar Febrie.

Sebagai informasi, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta agar KPK turut mendalami sejumlah nama lain yang diduga sering disebut Pinangki, Djoko Tjandra dan pengacaranya, Anita Kolopaking dalam kasus rencana pengurusan fatwa MA.

Sejumlah nama itu masing-masing berinisial T, DK, BR, HA dan SHD.

Meskipun demikian tidak diketahui identitas lebih lanjut terkait dengan inisial-inisial nama yang disodorkan MAKI itu. Selain itu, tak diketahui juga mereka berasal dari instansi atau unsur masyarakat mana.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan pihaknya juga menemukan ada aktivitas percakapan antara Pinangki dan Anita Kolopaking yang kerap menyebut istilah 'bapakku' dan 'bapak mu'.

"KPK hendaknya mendalami peran PSM yang diduga pernah menyatakan kepada ADK intinya pada hari Rabo akan mengantar R menghadap pejabat tinggi di Kejagung," demikian salah satu bunyi rekomendasi MAKI kepada KPK.

Partner Sindikasi Konten: cnnindonesia
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tersangka kasus suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk membebaskan Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari (tengah). (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Kejagung Temukan Inisial DK di Proposal Pinangki ke Djoko S Tjandra Kejagung Temukan Inisial DK di Proposal Pinangki ke Djoko S Tjandra Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar