Breaking News

Menkominfo Gagal Jaga Data Warga Indonesia, Media Luar Negeri Ikut Juluki Budi Arie Setiadi Menteri Giveaway


Kegagalan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menjaga kemanan pusat dana nasional (PDN) turut menjadi sorotan media luar negeri.

Budi Arie Setiadi belakangan juga dituntut masyarakat untuk mundur dari jabatannya sebagai Menkominfo karena dinilai tidak kompeten.

Bahkan, Nenden Sekar Arum Direktur Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), menyebut Budi Arie Setiadi berhasil menjadi menteri karena hasil giveaway.

Hal itu jugalah yang membuat media luar negeri ikut menjuluki Budi Arie Setiadi sebagai 'menteri giveaway'.

Dalam artikel yang ditulis media Singapura Channel News Asia, Budi disebut memperoleh jabatan karena sudah mendukung pencalonan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2014 dan 2019.

"Indonesia’s ‘giveaway’ minister faces growing pressure to resign after worst cyberattack in years," demikian bunyi judul dalam artikel tersebut.

Sementara itu menurut Nenden, Menkominfo adalah posisi strategis yang tak bisa dipisahkan dari dunia digital sehingga harus diisi oleh orang-orang yang memahami bidang tersebut.

Kini petisi berisi desakan Budi Arie mencopot jabatannya di Kominfo telah diteken oleh 18 ribu orang di change.org.

Budi Arie memilih bungkam terkait permintaan masyarakat tersebut dan malah melemparnya ke Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

"Yuk, itu tanyakan saja ke Pak Menko Hadi," ujarnya pada 1 Juli 2024.

Di sisi lain, Relawan Pro Jokowi (Projo) ikut berkomentar dengan menyebut desakan Budi mundur sebagai menteri merupakan langkah yang kurang tepat.

"Kalau saya diminta oleh Presiden untuk memimpin pertempuran, masak di saat serangan terjadi, masak disuruh kabur, gitu loh logikanya," kata Bendahara Projo, Panel Barus pada 28 Juni 2024.

Presiden Jokowi sendiri melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di Istana Negara pada 17 Juli 2023.

Budi diketahui tidak memiliki latar belakang di bidang teknologi. Ia merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Menempuh masa kuliah lebih dari 4 tahun, Budi Arie Setiadi akhirnya lulus sebagai Sarjana Sosial di Komunikasi FISIP UI setelah dua tahun menggarap skripsi. (*)

Sumber: kilat
Foto: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi. (Kemenkominfo)
Menkominfo Gagal Jaga Data Warga Indonesia, Media Luar Negeri Ikut Juluki Budi Arie Setiadi Menteri Giveaway Menkominfo Gagal Jaga Data Warga Indonesia, Media Luar Negeri Ikut Juluki Budi Arie Setiadi Menteri Giveaway Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar