Breaking News

Budi Arie Setiadi Didesak Mundur dari Jabatan Menkominfo, Presiden Jokowi Singgung Sudah Dievaluasi!


Serangan siber yang menimpa Pusat Data Nasional Sementara (PDN) Sementara dalam bentuk ransomware LockBit 3.9 menuai berbagai kalangan. Presiden Jokowi turut menanggapi desakan Menkominfo Budi Arie Setiadi mundur.

PDN sejak hari Kamis 20 Juni 2024 sudah mulai tak bisa diakses dan membuat layanan publik terganggu, salah satunya imigrasi.

Pasca satu minggu serangan siber pada PDN terjadi, barulah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kominfo menyampaikan kepada awak media.

Data negara pun sempat tak bisa dipulihkan dan muncul petisi untuk Menkominfo Budi Arie Setiadi agar mundur dari jabatan.

“Sebagai lembaga negara yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan data dan informasi, termasuk keamanannya, sudah seharusnya Kominfo juga bertanggung jawab terhadap serangan ransomware pada PDNS saat ini.” tulis salah satu petisi di Change.

Dalam petisi yang viral di media sosial meminta agar Budi Arie mundur sebagai pertanggung jawaban dan meminta maaf secara terbuka atas situasi ini.

Tak hanya itu, Kominfo dan BSSN harus audit keamanan semua teknologi dan sumber daya manusia keamanan siber negara yang saat ini digunakan.

“Pak Menteri, cukuplah semua kelalaian ini. Jangan jadikan data pribadi kami sebagai tumbal ketidakmampuan Anda. MUNDURLAH!” pungkas petisi tersebut.

Sementara itu, banyak kalangan hingga pengamat politik seperti Said Didu hingga Akbar Faizal maupun Rocky Gerung meminta Budi Arie mundur.

Presiden Jokowi pun akhirnya buka suara soal desakan Budi Arie mundur tersebut.

Presiden hanya menyampaikan bahwa atas kasus PDN diretas ini semuanya telah dievaluasi.

"Sudah kita evaluasi semuanya," kata Presiden.

Presiden pun mengatakan bahwa saat ini yang paling penting adalah dicarikan solusi dan back up data.

"Yang paling penting semuanya harus dicarikan solusinya agar tidak terjadi lagi, diback up semua data nasional kita sehingga kalau ada kejadian kita tidak terkaget-kaget," kata Presiden lagi.

Saat ditanya terkait desakan mundur Budi Arie Setiadi, Presiden Jokowi kembali mengatakan bahwa sudah mengevaluasi semuanya.(*)

Sumber: kilat
Foto: Presiden Jokowi buka suara soal desakan Budi Arie Setiadi mundur (Instagram @jokowi)
Budi Arie Setiadi Didesak Mundur dari Jabatan Menkominfo, Presiden Jokowi Singgung Sudah Dievaluasi! Budi Arie Setiadi Didesak Mundur dari Jabatan Menkominfo, Presiden Jokowi Singgung Sudah Dievaluasi! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar