Breaking News

Survei Polstat: Dukungan Konstituen PDIP Tak Bulat ke Ganjar, 34.6% Malah ke Prabowo


Hasil survei yang dikeluarkan Political Statistics (Polstat) menunjukan bahwa dukungan konstituen PDI Perjuangan tidak bulat ke bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

Dari hasil analisis tabulasi silang Polstat menemukan, bahwa Ganjar hanya mendapatkan dukungan 40,2 persen dari responden survei tersebut yang menyatakan akan memilih PDI Perjuangan dalam Pemilu 2024.

Sebaliknya, terdapat 34,6 persen konstituen PDI Perjuangan justru memilih Ketua Umum partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Presiden di pemilu 2024. Sementara 10,3 persen responden PDIP memberikan dukungan ke Anies Baswedan.

Peneliti senior Polstat Indonesia Apna Pernama menilai, dukungan terhadap Prabowo menjadi menarik mengingat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menunjuk Ganjar Pranowo sebagai bakal capres yang akan diusung.

“Logikanya setelah Megawati mendeklarasikan capres yang akan diusung partainya, mayoritas konstituen PDI Perjuangan akan tegak lurus mendukung Ganjar. Realistasnya, persentase simpatisan PDI Perjuangan yang memilih Prabowo cukup signifikan,” ujar Apna dalam salinan paparan hasil survei, dikutip Sabtu (20/5/2023).

Tidak bulatnya suara konstituen PDI Perjuangan mendukung Ganjar, kata dia, juga makin kentara dengan keberadaan 10,3 persen responden yang menyatakan akan memilih PDI Perjuangan memberikan dukungan untuk bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan.

Kendati demikian, masih terdapat 14,9 persen responden pemilih PDI Perjuangan dalam survei tersebut yang menyatakan belum menentukan pilihan atau tidak menjawab pertanyaan tentang dukungan capres.

Selain itu, dari survei Polstat yang dilakukan pada tanggal 1-10 Mei 2023 terhadap 1.200 responden tersebut, menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu dengan dukungan 18,8 persen responden.

Partai Gerindra menyusul dengan 16,2 persen, diikuti Partai Golkar 10,4 persen, Partai Demokrat 10,2 persen, Partai NasDem 8,9 persen, PKB 7,9 persen, Partai Perindo 4,9 persen, PAN 2,9 persen, PPP 2,1 persen, partai-partai nonparlemen dan/atau partai baru lain 3,6 persen, serta 7,3 persen responden menyatakan belum menentukan pilihan.

Sumber: inilah
Foto: Kolase Praboso Subianto dan Ganjar Pranowo/Net
Survei Polstat: Dukungan Konstituen PDIP Tak Bulat ke Ganjar, 34.6% Malah ke Prabowo Survei Polstat: Dukungan Konstituen PDIP Tak Bulat ke Ganjar, 34.6% Malah ke Prabowo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar