Breaking News

Survei LSI Denny JA: Cuma Prabowo yang Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024


Peta elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) yang digadang-gadang akan bertarung di 2024 berubah. Jika sebelumnya Ganjar Pranowo selalu unggul di berbagai survei, bacapres PDIP itu kini justru disalip oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Dalam survei terbaru LSI Denny JA, elektabilitas Ganjar menempati posisi kedua dari tiga simulasi capres bersama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Posisi pertama ditempati Prabowo dengan dipilih sebanyak 33,9 persen. Posisi kedua ditempati Ganjar dengan 31 persen. Sementara Anies hanya 20,8 persen dan yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab ada 13,4 persen.

"Jika 3 capres pada Pilpres 2024, Prabowo masuk putaran kedua karena berada di atas batas minimal dukungan 33,3 persen," demikian pemaparan peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam survei bertema Capres pertama yang lolos putaran kedua dan empat isu lainnya, Jumat (19/5).
 
Ada beberapa faktor yang memengaruhi keunggulan Prabowo dibanding Anies dan Ganjar dalam survei tersebut. Pertama, mayoritas pemilih menginginkan capres yang strong leader dan mampu menumbuhkan ekonomi.

Faktor kedua, Prabowo mendapat limpahan dari penurunan dukungan untuk Ganjar. Prabowo juga dinilai lebih berpengalaman di pemerintahan pusat dan menjadi tokoh sentral yang banyak diterima spektrum politik.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar cenderung menurun jika dibandingkan dengan survei sebelumnya. Seperti pada survei bulan September 2022, elektabilitas Ganjar 31,3 persen. Lalu pada Januari 2023 elektabilitasnya 37,8 persen atau lebih tinggi dibandingkan survei bulan Mei ini.

Adapun survei LSI Denny JA ini digelar pada 3 sampai 14 Mei 2023 dengan metodologi multistage random sampling pada 1.200 responden.

Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka melalui kuesioner. Margin of error survei ini 2,9 persen. 

Sumber: rmol
Foto: Kolase Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto/Repro
Survei LSI Denny JA: Cuma Prabowo yang Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024 Survei LSI Denny JA: Cuma Prabowo yang Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar