Breaking News

Terbongkar! Kongkalikong Oknum Pegawai dan Wajib Pajak, Presiden IKHAPI: Sudah Sering Terjadi Seperti Itu


Joyada Siallagan, Presiden Ikatan Kuasa Hukum & Advokat Pajak Indonesia (IKHAPI) membeberkan pengalamannya tentang kongkalikong oknum pegawai dan wajib pajak.

Presiden IKHAPI ini menceritakan praktik kongkalikong antara oknum pajak ketika diundang menjadi narasumber pada acara NI LUH di Kompas TV.

Menurut pengalaman Joyada Siallagan, praktik kongkalikong pajak ini sudah sering terjadi sejak dirinya menjadi konsultan pajak tahun 1999.

Praktik nakal kongkalikong ini bisa jadi bermula dari wajib pajak yang nakal.

Contoh praktik nakal yang dilakukan wajib pajak misalnya melakukan transaksi tanpa NPWP, memberikan laporan pajak yang tidak benar, menggunakan faktur pajak fiktif, serta memindahkan uang yang seharusnya dibebankan pajak ke luar negeri.

Tindakan demikian sebenarnya masuk kepada tindak pidana pajak yang bisa dijatuhi hukuman.

Celah inilah yang bisa dimainkan oleh oknum pegawai pajak. Sang wajib pajak nakal ditakut-takuti akan diberikan hukuman berat, sehingga diajak untuk menyelesaikan dengan jalan 'damai'.

Salah satu contoh yang diceritakan Joyada Siallagan baru terjadi beberapa pekan yang lalu.

Ada wajib pajak yang diduga melakukan tindak pidana pajak. Meski belum terbukti, oknum pegawai pajak sudah punya bukti permulaan yang bisa memberatkan wajib pajak.

Oknum pegawai pajak tersebut menginformasikan, wajib pajak terindikasi merugikan negara sebesar Rp12 miliar.

Melalui opsi jalan damai, oknum pegawai pajak bisa mengaturnya dengan hanya menagih wajib pajak sebesar Rp1 miliar untuk disetorkan ke negara.

Sebagai imbalan atas jasa bantuannya, sang oknum meminta Rp6 miliar untuk masuk ke kantong pribadinya.

Masing-masing oknum pegawai dan wajib pajak sama-sama 'untung' miliaran rupiah melalui praktik ini.

Wajib pajak tidak harus membayar Rp12 miliar, sementara oknum pegawai pajak mendapat uang imbalan jasa yang nilainya juga miliaran.

Ini hanyalah salah satu contoh kasus saja. Masih banyak kasus-kasus lain yang serupa.

"Sepengalaman saya, sering terjadi seperti itu," ungkap Joyada Siallagan Presidren IKHAPI yang dikutip Kilat.com dari kanal Youtube Kompas TV yang tayang pada 14 Maret 2023.

Modus lainnya adalah dengan memainkan restitusi pajak.

Restitusi pajak adalah pengembalian pembayaran pajak yang diajukan wajib pajak kepada negara.

Misal wajib pajak mengajukan restitusi sebanyak Rp2 miliar, alih-alih oknum pegawai pajak langsung memproses pengembalian uangnya, wajib pajak malah dituduh kurang bayar pajak sebesar Rp4 miliar.

Restitusi pajak baru bisa diproses setelah wajib pajak mengikuti apa yang diminta oleh oknum wajib pajak. Biasanya dengan membayar sejumlah uang tertentu untuk si oknum.

Praktik kongkalikong nakal ini menurut Joyada sebenarnya mudah ketahuan oleh atasan para pegawai oknum.

"Sepengetahuan saya ya, tidak mungkin dia bermain sendiri," jawab Joyada ketika ditanya apakah para oknum pegawai pajak punya backingan yang merupakan atasannya.(*)

Sumber: kilat
Foto: Joyada Siallagan dan Rafael Alun Trisambodo (Youtube/KOMPASTV dan Twitter @murtadhaone1)
Terbongkar! Kongkalikong Oknum Pegawai dan Wajib Pajak, Presiden IKHAPI: Sudah Sering Terjadi Seperti Itu Terbongkar! Kongkalikong Oknum Pegawai dan Wajib Pajak, Presiden IKHAPI: Sudah Sering Terjadi Seperti Itu Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar