Breaking News

Taliban Klaim Bunuh Panglima Tertinggi ISIS di Afghanistan


Sebuah kabar mengejutkan datang dari Taliban, yang mengklaim pasukannya berhasil membunuh seorang Kepala intelijen dan operasi regional ISIS, Qari Fateh selama operasi militer akhir pekan lalu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh jurubicara pemerintah Taliban Zabihullah Mujahid dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat The Defense Post pada Selasa (28/2).

Mujahid menyebutkan, Fateh sebagai orang yang mendalangi ledakan bom baru-baru ini di Kabul, termasuk serangan di Kedutaan Pakistan, masjid, dan target lainnya.

Selain Fateh, seorang anggota ISIS lainnya juga dilaporkan tewas dalam operasi melawan jaringan teroris yang berbasis di daerah Khair Khana, Kabul.

Warga di lingkungan itu telah melaporkan adanya tembakan keras yang terdengar pada Minggu malam (25/2).

Pejabat Taliban mengunggah rekaman di Twitter tentang dua mayat yang tergeletak di puing-puing.

Menurut laporan PBB pada Juli tahun lalu, Fateh merupakan pemimpin utama ISIS, yang ditugaskan melakukan operasi militer di wilayah India, Iran, dan Asia Tengah.

ISIS telah lama muncul sebagai tantangan keamanan terbesar bagi pemerintahan Taliban, karena kerap melakukan serangan terhadap orang asing, agama minoritas, dan institusi pemerintah.

Organisasi itu mengaku bertanggung jawab atas serangan senjata pada Desember di sebuah hotel Kabul yang melukai lima warga negara China.

Juga di bulan September dan Desember, ketika ISIS menyerang kedutaan Rusia dan Pakistan di Kabul. Serta di bulan Januari ketika kelompok itu mengaku melakukan bom bunuh diri di dekat Kementerian Luar Negeri di Kabul yang menewaskan sedikitnya 10 orang. 

Sumber: rmol
Foto: Kepala intelijen dan operasi regional ISIS, Qari Fateh yang dibunuh oleh Taliban selama operasi militer pada Minggu, 26 Februari 2023/Net
Taliban Klaim Bunuh Panglima Tertinggi ISIS di Afghanistan Taliban Klaim Bunuh Panglima Tertinggi ISIS di Afghanistan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar