Breaking News

Tepis Rizal Ramli soal Menghina Pendiri Negara, Mahfud MD: Dia yang Goblok!


Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan perdebatannya dengan mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli di media sosial yang menjadi sorotan. Sebabnya, Rizal Ramli menuding Mahfud menyebut orang yang masuk kekuasaan menjadi iblis.

Mahfud awalnya menyebut sudah lama menjadi penggiat di media sosial. Bahkan ia menjalankan media sosial pribadi untuk berinteraksi.

"Ketika Rizal bilang Mahfud Md itu intelektualnya merosot dan menjadi penjilat, itu kan nggak ada hubungannya dengan yang kita diskusikan. Saya bilang, kamu yang bodoh dan ngawur, kan gitu, kan setara itu," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Minggu (8/1/2023).

Mahfud menyinggung tudingan Rizal yang menyebut dirinya sempat berkata seseorang yang masuk ke kekuasaan menjadi iblis. Menurut Mahfud, hal tersebut terkesan bodoh lantaran ia tak pernah mengatakan keterangan demikian.

"Lalu dia bilang Mahfud Md, itu menghina pendiri negara karena mengatakan para orang yang masuk ke kekuasaan itu menjadi iblis, dia yang goblok, kapan saya bilang begitu?" tanyanya.

"Di mana sumbernya? Berarti goblok, berarti dia saya bilang Anda mencerca orang dengan cara itu, selama ini Sri Mulyani diam, Presiden diam, saya nggak," tegasnya.

Mahfud menyebut akan menjawab pernyataan yang dilontarkan Rizal Ramli. Namun ia menegaskan argumentasi tersebut harus disampaikan dengan cara intelektual.

"Saya nggak (diam), Anda (Rizal) bilang saya lawan, dan ini nggak ada hubungannya dengan argumen karena argumen (Perppu Ciptaker) sudah. Argumen kan sudah saya katakan tadi itu kan argumen. Kalau mau argumen itu dong intelektual, tapi lalu bilang intelektualnya merosot itu sudah personal, kan gitu," katanya.

detikcom sudah menghubungi Rizal Ramli terkait pernyataan Mahfud ini. Namun Rizal Ramli belum merespons.

Cuitan Mahfud Vs Rizal Ramli

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md menyentil mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli hingga menyebutnya bodoh dan ngawur. Sebabnya, Rizal Ramli menuding Mahfud menyebut orang yang masuk kekuasaan menjadi iblis. Perdebatan panas itu terjadi di media sosial. Mahfud pun memberi penjelasan terkait hal tersebut.

"Ternyata Rizal Ramli ini makin ngawur dan bodoh. Tunjukkan, kapan saya bilang bahwa setiap orang yang masuk kekuasaan menjadi iblis. Gobloklah pernyataan tersebut. Kapan dan dimana saya bilang begitu? Ayo. Saya bilangnya bukan begitulah, tapi begini," kata Mahfud, demikian dikutip dari akun Twitter Mahfud @mohmahfudmd, Kamis (5/1/2023).

Mahfud menjelaskan konteks yang dimaksud. Menurut Mahfud, ia menyampaikan, jika sistem pilkada tidak diubah, malaikat pun kalau masuk ke sistem bisa menjadi iblis.

"Waktu itu yang saya bilang, jika sistem pilkada tidak diubah, maka 'malaikat pun kalau masuk ke dalam sistem bisa jadi iblis'," kata Mahfud.

Hal itu disampaikan Mahfud kala dia menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi. Mahfud mengatakan perlu ada sistem yang dapat mencegah calon kepala daerah korupsi.

"Waktu itu (2012) sebagai Ketua MK saya sampaikan itu sebagai usul agar sistem pilkada diubah. Sebab, sistem yang ada mendorong kepala daerah korupsi sehingga banyak yang masuk penjara," katanya.

Lebih lanjut Mahfud menuding Rizal Ramli makin ngawur. Ia mengatakan Mahfud tidak mungkin mengatakan 'orang yang masuk kekuasaan jadi iblis'. Mahfud pun mengaku tidak antikritik.

"Anda RR merajalela ngawurnya karena didiamkan sehingga merasa pintar. Saya tahulah Anda itu siapa. Sebodoh apa pun tak mungkinlah, selama punya otak, kita mengatakan bahwa orang yang masuk kekuasaan jadi iblis. Saya tidak antikritik. Tapi kalau orang menjawab dan mengritik balik, jangan dituding antikritik, ya," katanya.

Untuk diketahui, Rizal Ramli mengkritik Mahfud Md yang dinilai membela pemerintah terkait Perppu Cipta Kerja. Dalam cuitan tersebut, Rizal Ramli menyertakan tautan berita online bahwa Mahfud Md mengatakan akan mengkritik Perppu Ciptaker apabila dia tidak menjadi menteri.

"Lho ada Malaikat ganti baju jadi iblis hanya karena perbedaan posisi didalam vs diluar pemerintahan doang 😄 Pantes hukum kacau 😄😄. Kopas:?Mahfud: Kalau Saya Tak Jadi Menteri Juga Akan Kritik Perppu Cipta Kerja," tulis Rizal Ramli mengomentari berita itu.

Sumber: detik
Foto: Mahfud Md (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto)
Tepis Rizal Ramli soal Menghina Pendiri Negara, Mahfud MD: Dia yang Goblok! Tepis Rizal Ramli soal Menghina Pendiri Negara, Mahfud MD: Dia yang Goblok! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar