Breaking News

Panas PDIP vs Nasdem soal Siapa yang Di-reshuffle, Ini Perbandingan Kinerja Para Menterinya


Hubungan PDIP dan Partai NasDem kian memanas seiring dengan munculnya isu reshuffle yang bakal dilakukan Presiden Joko Widodo. PDIP melalui Djarot Saiful Hidayat menantang menteri dari Nasdem mengundurkan diri, sementara Menkominfo Johnny G Plate membalas sindiran tersebut.

Menteri dari NasDem tersebut menyebut banyak pihak sekarang berkata bak presiden, padahal urusan reshuffle adalah hak prerogatif presiden.

Saling lempar pernyataan soal reshuffle menteri, sebenarnya seberapa baik kinerja menteri dari dua partai tersebut?

Kinerja para menteri itu salah satunya dilihat dari tingkat kepuasan publik dari Survei Nasional Proyeksi Ekonomi Politik Nasional Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022 periode 21 hingga 27 November 2022.

1. Menteri dari PDIP

a. Yasonna H Laoly [Menteri Hukum & HAM]: 3.9% Sangat Puas dan 46.6% Cukup Puas.

b. Tri Rismaharini [Menteri Sosial]: 4.2% Sangat Puas dan 50.5% Cukup Puas.

c. I Gusti Ayu Bintang Darmawati [Menteri PPPA]: 4.7% Sangat Puas dan 46.3% Cukup Puas.

d. Abdullah Azwar Anas [Menteri PAN-RB]: 3.6% Sangat Puas dan 43.4% Cukup Puas.

e. Pramono Anung Wibowo [Menteri Sekretaris Kabinet]: 5.5% Sangat Puas dan 46.7% Cukup Puas.

Melihat dari data tersebut, diketahui Yasonna H Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM memperoleh poin 50.5%, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial memperoleh 54.7%, I Gusti Ayu Bintang Darmawati selaku Menteri PPPA memperoleh 51.0%, Abdullah Azwar Anas memperoleh 43.4%, dan Pramono Anung Wibowo memperoleh 52.2%.

Diketahui yang tertinggi adalah Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial memperoleh 54.7%.

2. Menteri NasDem

a. Johnny Gerard Plate [Menteri Komunikasi dan Informatika]: 3.7% Sangat Puas dan 46.8% Cukup Puas.

b. Siti Nurbaya [Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan]: 5.0% Sangat Puas dan 45.6% Cukup Puas.

c. Syahrul Yasin Limpo [Menteri Pertanian]: 4.1% Cukup Puas dan 45.9% Sangat Puas.

Melihat dari data tersebut, Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehitanan ini pun menjadi menteri dari NasDem dengan tingkat kepuasan tertinggi. Kinerjanya mampu mendapatkan nilai kepuasan publik hingga 50,6%.

Jumlah itu kemudian disusul Johnny Gerard Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika yang memperoleh nilai sebesar 50.5%. kemudian Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian yang memperoleh nilai  50.0%.

Pada bagian kesimpulan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri atau pejabat setingkat menteri paling tinggi diduduki oleh Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan yakni 8.9% Sangat Puas dan 52.5% Cukup Puas.

Sumber: suara
Foto: Kolase Bendea Nasdem dan PDIP/Net
Panas PDIP vs Nasdem soal Siapa yang Di-reshuffle, Ini Perbandingan Kinerja Para Menterinya Panas PDIP vs Nasdem soal Siapa yang Di-reshuffle, Ini Perbandingan Kinerja Para Menterinya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar