Breaking News

Anies Justru akan Melesat, Jokowi Diyakini Gak Bakal Berani Depak NasDem dari Kabinet


Pengamat politik Adib Miftahul meyakini bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan tega mereshuffle Partai NasDem dari Kabinet Indonesia Maju.

Sebab menurutnya, posisi Partai NasDem seakan menjadi buah simalakama untuk Presiden Jokowi.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional ini melihat jika menteri NasDem didepak dari kabinet, Jokowi malah seakan-akan membuka jalan bagi Anies Baswedan dan NasDem.

"Kalau dia (Jokowi) reshuffle (Nasdem), tentu saja ini akan 'memuluskan' jalannya Nasdem beserta Anies untuk semakin besar, karena dia akan bergerak leluasa. Apalagi Anies ini simbol oposisi," kata Adib saat dihubungi Warta Ekonomi, Sabtu (31/12/2022).

Adib juga menilai, PDIP tengah menekan Jokowi melalui suara-suara reshuffle yang digaungkan oleh para elit partai.

Dia menyebut, PDIP dan NasDem kian memperlihatkan kerenggangannya pasca Anies Baswedan dideklarasikan.

Isu reshuffle itu sendiri dianggap Adib sebatas perbincangan yang belum menemukan titik akhir.

Adib juga menilai bahwa Jokowi masih menganggap reshuffle menteri NasDem sebagai angin lalu saja karena tekanan PDIP belum kuat.

"Ini yang saya lihat, bahwa tekanan PDIP belum kuat. Sampai hari ini Pak Jokowi juga masih tidak mau mereshuffle, masih dianggap angin lalu," katanya.

Lebih lanjut, Adib menyebut bahwa NasDem membawa Jokowi berada dalam poisi yang serba dilematis.

Sebab, Jokowi nantinya akan mendapatkan cap sebagai petugas partai yang mudah diarahkan, apabila memang melakukan reshuffle.

Sementara itu, jika reshuffle diurungkan maka Jokowi dinilai sebagai sosok yang kurang tegas.

Kendati demikian, Adib tetap beranggapan dan yakin bahwa Jokowi tak akan melakukan reshuffle pada menteri Nasdem.

"Jokowi tidak akan mereshuffle Nasdem, karena Nasdem memang dibiarkan, Nasdem akan dibuat 'bebek lumpuh' dalam kabinet," papar Adib.

"Nasdem dibiarkan saja di dalam kabinet, tidak diberikan porsi utuh. Tetapi di 2024 nanti, Nasdem akan punya catatan-catatan tersendiri, karena memang kalau misalnya Nasdem di reshuffle, akan semakin membesarkan Nasdem dan Anies Baswedan," sambungnya.

Dia menilai, Jokowi memiliki posisi sentral dalam kontestasi politik di tahun 2024 nanti. Hal tersebut kian menguat tak kala Jokowi mengumpulkan relawannya di Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu.

"Saya masih percaya bahwa dia (Jokowi) akan menjadi King Maker tahun 2024. 'Kartu' Pak Jokowi sedang dimainkan oleh Pak Jokowi sendiri," katanya.

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet Jokowi mencuat ke publik. Terlebih lagi, politisi PDI Perjuangan seperti Djarot Syaiful Hidayat dan Hasto Kristiyanto memberikan pernyataan spesifik untuk mengevaluasi menteri dari Partai NasDem.

Munculnya isu reshuffle itu diduga mengerucut ke NasDem usai deklarasi Anies Baswedan sebagai capres, yang diklaim menjadi antitesa Jokowi atau oposisi pemerintah.

Sumber: populis
Foto: Presiden Joko Widodo dan Surya Paloh/Net
Anies Justru akan Melesat, Jokowi Diyakini Gak Bakal Berani Depak NasDem dari Kabinet Anies Justru akan Melesat, Jokowi Diyakini Gak Bakal Berani Depak NasDem dari Kabinet Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar