Breaking News

6 Jurnalis Ditahan Setelah Video Diduga Tampilkan Presiden Mengompol Beredar di Medsos


Enam wartawan di Sudan Selatan telah ditahan setelah rekaman yang memperlihatkan Presiden Salva Kiir tampak mengompol di sebuah acara resmi beredar di media sosial, kata serikat wartawan nasional negara itu.

Rekaman dari Desember menunjukkan noda gelap menyebar ke bawah celana abu-abu presiden berusia 71 tahun itu saat dia berdiri untuk lagu kebangsaan di sebuah acara komisioning jalan. Video tersebut tidak pernah ditayangkan di televisi namun kemudian beredar di media sosial.

Para jurnalis, yang bekerja dengan Perusahaan Penyiaran Sudan Selatan yang dikelola negara, ditahan pada Selasa, (3/1/2023) dan Rabu, (4/1/2023) kata Patrick Oyet, presiden Persatuan Jurnalis Sudan Selatan pada Sabtu, (7/1/2023).

Mereka "diduga mengetahui bagaimana video presiden buang air kecil sendiri itu beredar keluar," katanya kepada Reuters.

Menteri Informasi Sudan Selatan Michael Makuei dan Juru Bicara Dinas Keamanan Nasional David Kumuri tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kiir menjadi presiden sejak Sudan Selatan merdeka pada 2011. Pejabat pemerintah berulang kali membantah desas-desus yang beredar di media sosial bahwa dia tidak sehat. Negara ini telah terlibat dalam konflik selama beberapa dekade terakhir.

Wartawan yang ditahan adalah operator kamera Joseph Oliver dan Mustafa Osman; editor video Victor Lado; kontributor Jacob Benjamin; dan Cherbek Ruben dan Joval Toombe dari ruang kendali, kata Oyet.

“Kami prihatin karena mereka yang ditahan sekarang telah tinggal lebih lama dari yang diatur undang-undang,” tambahnya.

Secara hukum, pihak berwenang Sudan Selatan diizinkan untuk menahan tersangka hanya selama 24 jam sebelum membawa mereka ke hadapan hakim.

Insiden itu “cocok dengan pola personel keamanan yang melakukan penahanan sewenang-wenang setiap kali pejabat menganggap liputan tidak menguntungkan,” kata perwakilan Komite Perlindungan Wartawan sub-Sahara Afrika, Muthoki Mumo.

Sumber: okezone
Foto: Presiden Sudan Selatan Salva Kiir. (Foto: Reuters)
6 Jurnalis Ditahan Setelah Video Diduga Tampilkan Presiden Mengompol Beredar di Medsos 6 Jurnalis Ditahan Setelah Video Diduga Tampilkan Presiden Mengompol Beredar di Medsos Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar