Breaking News

Oktan Revvo 89 Lebih Tinggi dari Pertalite, Anggota DPR Unggah Hasil Uji Cobanya


Sebuah hasil uji coba Reseach Octane Number (RON) menunjukkan bahwa ternyata oktan Revvo 89 lebih tinggi dari Pertalite.

Hasil uji coba tersebut diunggah oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto.

Uji coba RON BBM milik SPBU Vivo dan SPBU Pertamina tersebut dilakukan oleh labolatorium Succofindo. Dua sampel yakni Revvo 89 dan Pertalite diuji pada bulan Oktober 2022.

Unggahan Mulyanto di Twitter @pakmul63 tersebut menunjukkan bahwa oktan yang dimiliki Revvo 89 sedikit lebih tinggi dengan nilai 90,7 sementara nilai oktan Pertalite yakni 90,3.

Mulyanto mengunggah hasil uji coba tersebut pada Sabtu (29/10/2022) dengan beberapa analisis yang ia kemukakan sebagai berikut:
  1. Kandungan Pb (logam timbal) masih ada baik pada pertalite maupun Revvo.
  2. Pengukuran RON Revvo 89 cukup baik, bahkan sedikit di atas 90.
  3. Parameter lainnya yang diuji, secara umum masuk dalam standar.
  4. Dari data yang diuji, tidak ditemukan indikasi yang menyimpang.
  5. Secara umum dalam pengujian ini tidak ditemukan indikasi penyebab Pertalite boros atau akselerasinya lamban.
  6. Untuk pengujian lebih lanjut perlu dilakukan uji performa.  Namun, untuk keperluan kita, maka cukup dengan uji ini.
Selain itu Mulyanto mengaku sedikit terkejut bahwa ternyata oktan Revvo 89 lebih tinggi dari Pertalite. Padahal, produk SPBU Vivo itu bahkan telah melabeli angka 89 yang merupakan nilai oktan tiap produk BBM perusahaan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Revvo 89  kini dijual dengan harga Rp11.600 per liter usai dua kali mengalami kenaikan. Sementara, harga BBM bersubsidi Pertalite  masih di angka Rp10.000 per liter.

“Cukup menarik: RON Revvo-89 ini yg angka hasil ujinya sedikit lebih baik dari Pertalite,” tulis Mulyanto, dikutip pada Rabu (2/11/2022). (*)

Sumber: poskota
Foto: Perbandingan harga BBM SPBU VIVO dan SPBU Pertamina (Foto: ist.)
Oktan Revvo 89 Lebih Tinggi dari Pertalite, Anggota DPR Unggah Hasil Uji Cobanya Oktan Revvo 89 Lebih Tinggi dari Pertalite, Anggota DPR Unggah Hasil Uji Cobanya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar