Breaking News

Wikipedia Tampilkan Bendera Merah Putih dengan Lambang Bulan Bintang, Ternyata Negara Islam Indonesia, Kok Bisa?


Wikipedia tampilkan bendera merah putih dengan lambang bulan bintang. bendera yang ditampilkan itu ternyata bendera dari Negara Islam Indonesia yang disingkat NII. Bahkan, dari pantauan tevonenews.com, Wikipedia juga menerangkan sejarah perkembangan Negara Islam Indonesia tersebut. Selain itu, juga menerangkan proklasmasi dan paham serta tujuan negara tersebut.

Untuk melihat tampilan dan sejarah Negara Isalam Indonesia itu, tim tvonenews.com memasukkan kata kunci tentara islam dan negara islam Indonesia di kolom search Google. Setelah itu, muncul di Wikipedia bendera tersebut dan sejarah dari negara tersebut. Selanjutnya, dari keterangan wikipedia, Negara Islam Indonesia (NII) dan dikenal juga dengan nama Darul Islam atau DI, memiliki arti Rumah Islam. Hal ini juga merupakan kelompok Islam Indonesia yang bertujuan untuk membentuk negara Islam di Indonesia. 

Berdasarkan keterangan wikipedia, negara ini mulai pada 7 Agustus 1949 oleh sekelompok milisi muslim, yang dikoordinasikam oleh seorang politisi Muslim, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo di Desa Cisampang, Kecamatan Ciawiligar, Kawedanan Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Lanjut dari keterangan tersebut, kelompok ini mengakui syariat Islam sebagai sumber hukum yang valid. Bahkan, gerakan ini menghasilkan pecahan maupun cabang yang terbentang dari Jemaah Islamiyah ke kelompok agama non-kekerasan. 

"Selain itu, gerakan ini bertujuan menjadikan Republik Indonesia yang saat itu baru saja diproklamasikan kemerdekaanya dan ada pada masa perang dengan tentara kerajaan Belanda sebagai negara teokrasi dengan agama Islam sebagai dasar negara," tulis keterangan Wikipedia, seperti yang dikutip tvonenews.com, Rabu (5/10/2022). 

Tak sampai itu aja penjelasannya, dalam proklamasinya bahwa hukum yang berlaku dalam Negara Islam Indonesia adalah hukum syariat Islam, dan dinyatakan lebih jelas lagi dalam undang-undangnya, yakni bahwa negara berdasarkan Islam dan hukum yang tertinggi adalah Al-Qur'an dan Al Hadis. 

Kemudian, proklamasi Negara Islam Indonesia dengan tegas menyatakan kewajiban negara untuk membuat undang-undang yang berlandaskan syariat Islam dan penolakan yang keras terhadap ideologi selain Al-Qur'an dan Al Hadis.

Masih dilansir dari Wikipedia, dalam perkembangannya, pergerakan DI menyebar hingga di beberapa wilayah Indonesia. Yakni, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Aceh dan Kalimantan Selatan. Ternyata pergerakan ini tak lain untuk melindungi kereta api, Kavaleri Kodam VI Siliwangi (sekarang kodam III) mengawal kereta api dengan panzer tak bermesin yang didorong oleh lokomotif uap D-52 buatan Krupp Jerman Barat.

"Panzer tersebut berisi anggota TNI yang siap dengan senjata mereka. Bila ada pertempuran antara TNI dan DI/TII di depan, maka kereta api harus berhenti di halte terdekat. Pemberontakan bersenjata yang selama 13 tahun itu telah menghalangi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ribuan ibu-ibu menjadi janda dan ribuan anak-anak menjadi yatim-piatu. Diperkirakan 13.000 rakyat Sunda, anggota organisasi keamanan desa (OKD) serta tentara gugur. Anggota DI/TII yang tewas tak diketahui dengan tepat," tulis keterangan Wikipedia. 

Untuk diketahui, dari pantuan tvonenews.com, tulisan keterangan Negara Islam Indonesia dan bendera Merah Putih dengan lambang bulan bintang tersebut, ditampilkan di halaman Wikipedia dan terakhir kali diubah pada 31 Agustus 2022 pada pukul 12.19 WIB. 

Sumber: tvonenews
Foto: Negara Islam IndonesiaTampil di Wikipedia Sumber : Istimewa/Tangkapan Layar Wikipedia
Wikipedia Tampilkan Bendera Merah Putih dengan Lambang Bulan Bintang, Ternyata Negara Islam Indonesia, Kok Bisa? Wikipedia Tampilkan Bendera Merah Putih dengan Lambang Bulan Bintang, Ternyata Negara Islam Indonesia, Kok Bisa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar