Breaking News

Masinton PDIP Geram DPR Dituding Lagi Pesta Ulang Tahun saat Demo Kenaikan BBM: Apa yang Salah?


Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Selasa (6/9/2022) menyimpan banyak cerita.

Salah satunya massa yang berunjuk rasa di depan Gedung Parlemen, sementara para anggota dewan justru terekam merayakan hari ulang tahun Ketua DPR RI Puan Maharani di tengah Rapat Paripurna.

Hal ini tentu menciptakan kontroversi di kalangan masyarakat. Tak terkecuali dari Peneliti Formappi, Lucius Karus, yang bahkan terang-terangan mengecam DPR karena dianggap sibuk berpesta ketika massa menolak kenaikan harga BBM.

Hal ini disampaikannya di acara Hotroom yang disiarkan di kanal YouTube metrotvnews. "Ironi ini betul-betul ditunjukkan di DPR. Ada massa buruh di depan gerbang yang sedang berdemonstrasi, tetapi di ruang paripurna DPR ada pesta ulang tahun Ketua DPR," ujar Lucius, dikutip Suara.com pada Kamis (8/9/2022).

Kecaman itu yang pada akhirnya membuat Lucius berdebat panas dengan Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu.

Pasalnya Masinton kurang setuju dengan penyebutan "pesta" padahal mereka hanya memperingati hari jadi DPR yang bertepatan dengan ulang tahun Puan Maharani.

"Ini nggak ada pesta di situ," bantah Masinton. "Saudara jangan pernah memberikan informasi yang nggak benar. Di mana ada pestanya?"

"Kalau mengucapkan selamat ulang tahun, salah (atau) tidak?" sambung Masinton yang langsung dibalas dengan penilaian salah oleh Lucius.

"Itu (rapat) paripurna, itu panggung publik, bukan ruang privat untuk merayakan ulang tahun," jelas Lucius.

"Itu ulang tahun DPR dan sekaligus ulang tahun Ketua DPR. Apa yang salah?" ujar Masinton. "(Hanya) berbarengan ngucapin selamat. Jadi Saudara jangan bilang ada pesta."

Lantaran perdebatan semakin panas, Hotman Paris Hutapea selaku pembawa acara Hotroom pun melerai keduanya dan menggiring agar narasumber kembali ke topik diskusi, yakni perihal perlu atau tidaknya penghapusan dana pensiun DPR.

Lagu Selamat Ulang Tahun Diputar di Tengah Rapat Paripurna

Puan Maharani yang merayakan hari jadi ke-49 pada Selasa (6/9/2022) kemarin menerima kejutan dari para anggota dewan. Sebab secara tiba-tiba ada yang mengucapkan selamat ulang tahun untuknya melalui pengeras suara di ruang rapat paripurna.

"Kami peserta sidang dan undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR, Ibu Doktor Honoris Causa Puan Maharani," ucap wanita di pengeras suara tersebut.

"Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu, serta dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ya robbal alamin. Mari kita nyanyikan bersama, lagu Selamat Ulang Tahun untuk Ketua DPR," lanjutnya.

Puan pun terlihat tersipu malu karena mendapat kejutan berupa ucapan dan lagu ulang tahun dari rekan-rekan kerjanya tersebut. Ia juga terlihat tersenyum kecil sambil mengatupkan tangan di depan wajah, sebagai ucapan terima kasih atas doa yang diterimanya.

Namun tentu saja perayaan ulang tahun ini menuai banyak kecaman publik. Apalagi karena rapat paripurna yang disela dengan perayaan ulang tahun itu membuat massa yang menolak kenaikan harga BBM gagal menemui Puan.

Walau begitu, Puan memastikan DPR akan menyampaikan aspirasi publik kepada pemerintah pusat. Bahkan Puan meminta pemerintah untuk tak lagi mempersulit kehidupan rakyat.

"Dan kami meminta bahwa pemerintah memang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan penyesuaian harga BBM ini. Jangan sampai kemudian membuat rakyat menjadi lebih susah atau menjadi lebih sulit," tegas Puan di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Sumber: suara
Foto: Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu/Net
Masinton PDIP Geram DPR Dituding Lagi Pesta Ulang Tahun saat Demo Kenaikan BBM: Apa yang Salah? Masinton PDIP Geram DPR Dituding Lagi Pesta Ulang Tahun saat Demo Kenaikan BBM: Apa yang Salah? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar