Breaking News

Kesaksian Jokowi Masuk Perut Bumi Sejauh 8 KM


Presiden Joko Widodo, hari ini meninjau secara langsung Tambang milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengaku masuk ke perut bumi sejauh 8 kilometer.

"Masuk di perut bumi sejauh 8 km, sampailah saya di lokasi tambang bawah tanah di kedalaman 1,8 km dari permukaan," tulis Presiden Jokowi di akun twitternya @Jokowi, Kamis 1 September 2022.

Dalam kunjungannya ke tambang PTFI, Jokowi mengaku bangga karena tambang milik PT Freeport Indonesia adalah tambang pertama di Asia Tenggara yang dioperasikan menggunakan teknologi 5G. Yang membuat Jokowi semakin bangga adalah ternyata teknologi dan para pekerja di PTFI sebagian besar adalah warga Indonesia dan banyak penduduk asli Papua yang bekerja di PTFI.

"Inilah lokasi tambang PT Freeport Indonesia yang canggih, dikontrol dengan teknologi 5G, dan dioperasikan oleh pekerja Indonesia, terutama putra-putri Papua," ujar Jokowi

Dalam akun twitternya itu, Jokowi juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan suasana di dalam tambang Grasberg milik PTFI. Menurut Jokowi, saat ini operasiobal pertambangan sudah semuanya dikontrol melalui teknologi canggih.

"Pagi hari ini saya berada di ruang control untuk pengendalian operasional alat-alat pertambangan yang kira-kira 8 km dari sini berada di bawah tanah dan semuanya dikontrol lewat ruangan ini dengan menggunakan 5G Smart mining yang lebih aman untuk para pekerja," kata Jokowi dalam video unggahannya itu.

Menurut Jokowi, untuk masuk ke dalam tambang milik PTFI itu, memang harus menempuh terowongan bawah tanah sepanjang  8 Kilometer. Lokasi tambangnya sendiri memiliki kedalaman sekitar 1,8 kilometer di bawah permukaan tanah.

"Dari PT Freeport Indonesia dan di kedalaman 1,8 km dari permukaan tanah masuknya ke dalam terowongan ini sudah kira-kira 8 km. Inilah tambang terbesar yang kita miliki dan merupakan salah satu tambang tembaga terbesar di dunia," ujarnya

Seperti diketahui, kunjungan Jokowi ke area tambang Freeport Indonesia itu, merupakan kunjungan yang bersejarah. Sebab selama ini, baru ada dua Presiden RI yang berkunjung ke area tambang Freeport Indonesia.

Presiden RI yang pertama kali datang ke tambang PT Freeport Indonesia adalah Presiden Soeharto. Tokoh bangsa yang berjuluk The Smiling General itu datang ke PT Freeport Indonesia pada tahun 1973.

Sumber: viva
Foto: Presiden Jokowi berada di dalam tambang milik PT Freeport Indonesia Sumber : Tangkapan layar akun twitter Presiden Jokowi
Kesaksian Jokowi Masuk Perut Bumi Sejauh 8 KM Kesaksian Jokowi Masuk Perut Bumi Sejauh 8 KM Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar