Breaking News

Jokowi Kembali Absen di Sidang Majelis Umum Tatap Muka PBB, Yan Harahap: Memang Diperlukan Kesiapan Mental dan Intelektual yang Mumpuni


Deputi Strategi dan kebijakan Balitbang DPP Partai Demokrat, Yan A Harahap menyoroti absennya Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rencananya rapat tertinggi organisasi dunia itu akan digelar di New York, Amerika Serikat, pada 19-26 September mendatang.

Yan menyindir jika diperlukan kesiapan lebih bagi pemimpin yang akan hadir di Majelis Umum PBB itu.

"Memang sepertinya diperlukan kesiapan fisik, mental dan intelektual yang mumpuni untuk dapat hadir physically di event sekelas Sidang Majelis Umum PBB ini," katanya dikutip Fajar.co.id di akun Twitter miliknya, Selasa (13/9/2022).

Sebelumnya, pihak istana melalui Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemenlu , Tri Tharyat memastikan Presiden Jokowi kembali tak akan menghadiri sidang Majelis Umum PBB.

"Konfirmasi yang kami terima, memang Bapak Presiden tidak berangkat untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB tahun ini," kata Tri Tharyat.

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak PBB mengenai kemungkinan Jokowi memberikan pidato secara virtual. Namun, keputusan tetap ada di tangan organisasi internasional itu.

Sebagai pengganti, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, yang akan memimpin delegasi dalam sidang MU PBB itu.

Sebagai wakil Indonesia, Retno akan tetap menyampaikan pesan dari Jokowi dalam sidang Majelis Umum PBB tersebut.

Selain Retno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dilaporkan hadir dalam sidang di New York itu.

Tak hanya kali ini, dalam 8 tahun kepemimpinannya, Jokowi baru hadir dua kali di sidang Majelis Umum PBB. Itupun hadir secara virtual, yaitu pada 2020 dan 2021. Ia tak hadir secara langsung, melainkan virtual, karena pandemi Covid-19.

Sumber: fajar
Foto: Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Demokrat Yan A Harahap/Net
Jokowi Kembali Absen di Sidang Majelis Umum Tatap Muka PBB, Yan Harahap: Memang Diperlukan Kesiapan Mental dan Intelektual yang Mumpuni Jokowi Kembali Absen di Sidang Majelis Umum Tatap Muka PBB, Yan Harahap: Memang Diperlukan Kesiapan Mental dan Intelektual yang Mumpuni Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar