Breaking News

Harga BBM Naik, Buruh Akan Demo Besar-besaran, Gula-gula Pemerintah Tak Mempan ke Said Iqbal


Buruh akan menggelar demo besar-besaran 6 September imbas kenaikan harga BBM yang diumumkan hari ini. Gula-gula pemerintah tak mempan ke Presiden Partai buruh said iqbal.

Terkait subsidi upah Rp150 ribu selama 4 bulan pada buruh, menurut said iqbal, hanya ‘gula-gula saja’ dari pemerintah Jokowi agar buruh tak protes dan tak menggelar demo besar-besaran 6 September.

Menurutnya, tidak mungkin uang Rp 150 ribu buat 4 bulan ini akan bisa menutupi kenaikan harga-harga bahan pokok.

Sehingga jelas, buruh menolak kenaikan BBM dan akan menggelar demo besar-besaran 6 September.

Di sisi lain, upah buruh tidak naik dalam 3 tahun terakhir.

Bahkan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah sudah mengumumkan, pemerintah dalam menghitung kenaikan UMK 2023 kembali menggunakan PP 36/2021.

“Dengan kata lain, diduga tahun depan upah buruh tidak akan naik lagi,” tegas Presiden buruh said iqbal, Sabtu (3/9/2022).

Menurut said iqbal, pemerintah Jokowi hanya mencari untung di tengah kesulitan rakyat.

Untuk menolak harga BBM naik, serikat dan Partai buruh akan menggelar demo besar-besara di gedung DPR RI pada 6 September.

Said Iqbal menyampaikan ada beberapa alasan mengapa pihaknya menolak kenaikan tersebut.

Pertama, kenaikan BBM tersebut akan menurunkan daya beli yang sekarang ini sudah turun 30 persen. Dengan kenaikan harga BBM, daya beli akan turun lagi menjadi 50 persen.

“Penyebab turunnya daya beli adalah peningkatan angka inflasi menjadi 6,5-8 persen, sehingga harga bahan kebutuhan pokok akan meroket,” kata said iqbal.

Di sisi lain, upah buruh tidak naik dalam 3 tahun terakhir. Bahkan Menaker sudah mengumumkan pemerintah dalam menghitung kenaikan UMK 2023 kembali menggunakan PP 36/2021.

“Dengan kata lain, diduga tahun depan upah buruh tidak akan naik lagi,” tegasnya.

Alasan kedua buruh menolak harga BBM naik karena dilakukan di tengah turunnya harga minyak dunia.

“Terlebih kenaikan ini dilakukan di tengah negara lain menurunkan harga BBM. Seperti di Malaysia, dengan RON yang lebih tinggi dari Pertalite, harganya jauh lebih murah,” jelasnya.

Oleh karena itu, Partai buruh dan serikat buruh akan melakukan aksi puluhan ribu buruh pada 6 September 2022.

Di Jakarta, aksi akan dipusatkan di gedung DPR RI untuk meminta pimpinan DPR RI memanggil Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan para menteri yang terkait dengan kebijakan perekonomian.

“Pimpinan DPR dan komisi terkait ESDM DPR RI harus berani membentuk Pansus atau Panja BBM,” tegas Presiden KSPI yang juga Presiden Partai buruh ini.

“Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, Partai buruh dan KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10-13 persen,” imbuhnya.

demo buruh besar-besaran 6 September ini juga digelar serentak di provinsi lainnya di Indonesia selain DKI Jakarta.

Sumber: fajar
Foto: Presiden Buruh Said Iqbal/Net
Harga BBM Naik, Buruh Akan Demo Besar-besaran, Gula-gula Pemerintah Tak Mempan ke Said Iqbal Harga BBM Naik, Buruh Akan Demo Besar-besaran, Gula-gula Pemerintah Tak Mempan ke Said Iqbal Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar