Breaking News

Fasilitas Jet Pribadi Brigjen Hendra Kurniawan, Boyamin Saiman: Saya Menduga Itu Gratifikasi


Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman turut berkomentar mengenai isu penggunaan jet pribadi oleh Brigjen Hendra Kurniawan yang menggunakan jet pribadi saat ke Jambi menemui keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Menurut Boyamin, perwira polisi tidak wajar menumpangi jet pribadi untuk kepentingan personal. Karena itu, kata Boyamin, apabila isu benar, maka pertanyaan selanjutnya apakah bisa hal itu dikategorikan sebagai gratifikasi.

"Tidak wajar karena, kan, anggaran polisi itu terbatas. Kalau anggaran pribadi rasanya juga susah. Harga sewanya (pulang-pergi, red) antara Rp 250 juga sampai Rp 500 juta," kata Boyamin dalam keterangannya, Kamis (22/9).

Menurut Boyamin, penggunaan fasilitas private jet Brigjen Hendra ke Jambi itu bukan dalam rangka kedinasan.

"Saya yakin bukan tugas kepolisian yang resmi saat itu. Karena langsung berangkat itu. Karena disuruh memberi tahu. Kalau ini, saya yakin, sih, tidak dibiayai oleh anggaran kedinasan," kata Boyamin.

Karena itu, dia menduga penggunaan fasilitas private jet itu masuk ke ranah dugaan gratifikasi.

"Kalau saya menduga itu gratifikasi, karena bisa saja menyewa murah dapat diskon, bahkan gratis atau dibayar belakangan. Itu saja sudah termasuk fasilitas," ujar Boyamin.

Boyamin meminta Polri untuk mendalami siapa dalang di balik penyediaan private jet tersebut.

"Tinggal mendalami saja, siapa yang bayar, siapa operatornya?" pungkas Boyamin.

Sebelumnya, Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso sebelumnya menyebut Brigjen Hendra Kurniawan cs berangkat ke Jambi pada 11 Juli 2022 menggunakan jet pribadi milik pengusaha.

Brigjen Hendra berangkat ke Jambi menemui keluarga Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo guna menjelaskan penyebab kematian sang ajudan.

Hendra menggunakan fasilitas mewah itu bersama Kombes AN, Kombes S, AKP RS, Bripda F, Briptu S, Briptu P, dan Briptu M. "Menggunakan private jet yang menurut pengacara (keluarga Brigadir J, red) Kamaruddin Simanjuntak sebagai milik seorang mafia berinisial RBT," kata Sugeng dalam keterangan tertulis, Senin (19/9).

Sugeng mengeklaim telah mengidentifikasi jenis private jet yang konon dipakai oleh Brigjen Hendra Kurniawan cs ketika berangkat ke Jambi, yakni tipe Jet T7-JAB.

Berdasar penelusuran IPW, Sugeng menyebut RBT merupakan ketua konsorsium judi online Indonesia yang bermarkas di Jakarta Selatan. "Hanya berjarak 200 meter dari Mabes Polri," ucapnya.

Sumber: fajar
Foto: Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman/Net
Fasilitas Jet Pribadi Brigjen Hendra Kurniawan, Boyamin Saiman: Saya Menduga Itu Gratifikasi Fasilitas Jet Pribadi Brigjen Hendra Kurniawan, Boyamin Saiman: Saya Menduga Itu Gratifikasi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar