Breaking News

Batal Gelar Laga FIFA Matchday di JIS, PSSI Disebut Cari yang Gratisan


Laga antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao batal berlangsung di Jakarta International Stadiun (JIS), dikarenakan biaya sewanya yang terlalu mahal.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pernah mengatakan biaya sewa JIS masuk kategori mahal, sehingga mereka enggan menggelar laga Timnas Indonesia vs Curacao di sana.

“FIFA Matchday di GBLA dan Pakansari. Dari awal memang tidak ada di JIS,” kata Mochammad Iriawan di Channel YouTube Komisi X DPR RI, Kamis (1/9/2022).

“Hal itu karena berkaitan dengan biaya. Kemudian yang kedua dengan animo suporter yang akan hadir. Kita butuh itu,” lanjutnya.

Dalam beberapa hari terakhir PSSI menjadi bahan pembicaraan usai melakukan pemeriksaan terhadap JIS yang dinilai belum memenuhi standar FIFA.

Beberapa bagian yang dimaksud adalah sarana dan prasana JIS yang masih jauh dari standar FIFA.

Dari pemeriksaan tersebut, PSSI akhirnya memutuskan batal mengelar laga skuad Garuda di Stadion tersebut yang akan berlangsung di tanggal 27 September 2022.

PSSI rencana akan melangsungkan laga ini di Stadion Pakansari, Bogor, atau Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

Alasan biaya sewa lapangan yang terlalu mahal disinyalir menjadi alasan utama Timnas Indonesia gagal berlaga di stadion tersebut.

Selain itu, mereka juga menyeret Persija Jakarta yang belum pernah memainkan pertandingan Liga 1 2022-2023 di stadion berkapasitas 80 ribu penonton itu, yang sedianya disiapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai kandang mereka. Hal itu diduga karena tingginya harga sewa yang dipasang pihak pengelola, yakni Jakpro.

PSSI sendiri saat ini diindikasikan tengah mencari stadion yang bisa digunakan secara gratis. Hal ini terbukti di mana mereka sangat memuji habis-habisan Pemerintah Kota Surabaya yang menggratiskan biaya sewa Stadion Gelora Bung Tomo.

‘’Saya sebagai Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) sekaligus mewakili PSSI mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Surabaya atas kontribusinya selama kualifikasi Piala Asia U-20 tersebut. Hal ini tentu bentuk kepedulian Pemkot Surabaya untuk kepentingan tim nasional,’’ kata Ketua Panitia Pelaksana Piala Asia U-20 dan juga Wakil Ketua PSSI Jatim, Amir Burhanuddin, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (12/9/2022).

Pihak Jakpro sendiri telah menegaskan JIS dibangun sesuai dengan standard FIFA dan sejak proses pembuatan desain dan perencanaan didampingi langsung oleh Assessor FIFA.

Menurut pengamatan sejumlah pihak, alasan JIS dianggap belum memenuhi standar FIFA oleh PSSI itu sangat aneh dan tidak masuk akal.

Sumber: fajar
Foto: Jakarta International Stadium (JIS). (foto: Instagram @awaneko20)
Batal Gelar Laga FIFA Matchday di JIS, PSSI Disebut Cari yang Gratisan Batal Gelar Laga FIFA Matchday di JIS, PSSI Disebut Cari yang Gratisan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar