Breaking News

3 Website Indonesia yang Jadi Incaran Hacker, Nomor 1 Milik Negara


Website menjadi salah satu target hacker dalam menjalankan aksinya. Bahkan beberapa webiste di Indonesia pun tak luput menjadi target. Melansir data ID SIRTII 2017, website pemerintahan menjadi website yang paling sering diserang.

(Baca juga: Kisah Peretas 'Beretika' yang Berhasil Kantongi Miliaran dari Aksinya)
Berikut ini tiga website yang sering menjadi target hacker dilansir beragam sumber, Minggu (31/7/2022).

1.Website Pemerintah

Pada 2017, website pemerintahan menjadi domain yang sering diserang oleh hacker. Menurut data yang dirilis ID SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) domain website pemerintahan (go.id) menjadi website yang paling sering diserang oleh hacker.

Insiden penyerangan terhadap website pemerintahan ini mencapai 3.783 kali atau 24,43%. Diketahui, beberapa website pemerintah pernah menjadi target hacker, seperti website Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional), website Setkab (Sekretaris Kabinet).

2.Website Berdomain co.id

Website berdomain co.id tidak luput pula dari incaran para hacker. Pada 2017, menurut data ID SIRTII, domain co.id ini mengalami serangan sebanyak 3.324 kali atau sekitar 21,47%. Pada 2009, insiden yang menyerang DdoS (Distributed Denial of Service) pernah terjadi di Indonesia, di mana domain co.id sempat tumbang selama empat hari.

3. Website Berdomain ac.id

Website berdomain ac.id juga menjadi target hacker. Menurut Ketua ID SIRTII Rudi Lumanto, pada 2016, banyak sekolah, lembaga pendidikan termasuk kampus yang mempunyai website tanpa pengamanan yang cukup.
Berdasarkan data ID SIRTII 2017, domain ac.id mengalami serangan mencapai 3.260 atau sekitar (21,06%).

Sumber: okezone
Foto: ilustrasi hacker serang website
3 Website Indonesia yang Jadi Incaran Hacker, Nomor 1 Milik Negara 3 Website Indonesia yang Jadi Incaran Hacker, Nomor 1 Milik Negara Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar