Breaking News

Geledah Rumah Pelaku Penembak Shinzo Abe, Ditemukan Bahan Peledak


Kepolisian Jepang melakukan penggeledahan di rumah Tetsuya Yamagami (41) tersangka penembakan yang menewaskan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Penggeledahan di rumah tersangka Tetsuya Yamagami, 41 pria bersenjata yang menembak mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, polisi menemukan apa yang diyakini sebagai bahan peledak," media lokal melaporkan, Jumat (8/7/2022).

Para pejabat belum mengomentari motif tersangka, tetapi media lokal melaporkan bahwa Yamagami mengatakan kepada polisi bahwa dia "tidak puas dengan mantan Perdana Menteri Abe dan bertujuan untuk membunuhnya".

Dia juga dilaporkan telah mengatakan kepada kantor-kantor yang tidak menyimpan "dendam terhadap keyakinan politik mantan Perdana Menteri".

Tetsuya Yamagami adalah mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, setara dengan angkatan laut Jepang. Dia dikatakan telah meninggalkan layanan aktif pada tahun 2005.

Polisi juga menemukan beberapa kemungkinan bahan peledak selama penggeledahan di rumahnya, dan NHK mengatakan teknisi penjinak bom sedang bersiap untuk melakukan ledakan terkendali di tempat itu.

Abe datang sebagai bagian dari kampanye untuk mantan partainya, Partai Demokrat Liberal, karena pemilihan majelis tinggi di Jepang akan berlangsung akhir pekan ini.

Berbicara sebelum kematian Abe diumumkan, Perdana Menteri Fumio Kishida mengutuk serangan itu.

"Ini biadab dan jahat dan tidak dapat ditoleransi," ujarnya.

"Serangan ini adalah tindakan kebrutalan yang terjadi selama pemilihan, dasar dari demokrasi kita, dan benar-benar tak termaafkan," kata Kishida.

Selama konferensi pers di Nara Medical University Hospital, dokter mengatakan Abe menderita dua luka tembak di lehernya, terpisah sekitar 5 cm (1 inci), dan juga menderita kerusakan di jantungnya.

Abe dikatakan sadar dan responsif dalam beberapa menit setelah serangan, tetapi kondisi pria berusia 67 tahun itu kemudian memburuk.

Dokter mengatakan tidak ada tanda-tanda vital yang terdeteksi pada saat mantan perdana menteri dipindahkan untuk perawatan dan dia harus menerima transfusi darah di rumah sakit.

Shinzo Abe waktu itu sedang memberikan pidato tunggul untuk seorang kandidat politik di Nara di persimpangan jalan ketika serangan itu terjadi.

Saksi mata mengatakan mereka melihat seorang pria membawa apa yang mereka gambarkan sebagai senjata besar dan menembak dua kali ke arah Abe dari belakang.

Petugas keamanan menahan penyerang, yang tidak berusaha lari, dan menyita senjatanya yang dilaporkan merupakan senjata buatan tangan. Tersangka telah diidentifikasi sebagai warga Nara, Tetsuya Yamagami.

Sumber: suara
Foto: Petugas menangkap lelaki yang diduga menembak mantan PM Jepang Shinzo Abe di Yamato Saidaiji Station in Nara, Nara Prefecture, Jepang, Jumat (8-7-2022). [ANTARA FOTO/The Yomiuri Shimbun/via REUTERS/foc.]
Geledah Rumah Pelaku Penembak Shinzo Abe, Ditemukan Bahan Peledak Geledah Rumah Pelaku Penembak Shinzo Abe, Ditemukan Bahan Peledak Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar