Breaking News

WHO Pastikan Vaksin Cacar Monyet Sudah Tersedia


Pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan, sudah ada beberapa vaksin yang mencegah cacar secara umum, yang juga berkhasiat melawan cacar monyet.

Vaksin baru yang dikembangkan untuk cacar yakni VA-BN, juga dikenal sebagai Imvamune, Imvanex atau Jynneos, telah ada dan disetujui pada 2019 untuk digunakan dalam mencegah cacar monyet.

Meski telah tersedia dan bisa mencegah cacar monyet, namun vaksin tersebut belum tersedia secara luas. WHO bekerja sama dengan produsen untuk meningkatkan akses vaksin tersebut.

Di negara endemi cacar monyet yakni Afrika Selatan dan Barat, cacar tersebut bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. Namun, itu dilakukan dengan perawatan kepada penderita.

Perawatan yang perlu dilakukan yakni merawat ruam supaya tetap kering. Jika memungkinkan, bisa dibalut untuk melindungi kulit yang ruam.

Hindari menyentuh luka di mulut atau mata. Obat kumur dan obat tetes mata dapat digunakan selama produk tidak mengandung kortison.

Vaksin dengan Vaccinia immune globulin (VIG) mungkin direkomendasikan untuk kasus yang parah.

WHO mengatakan, selain vaksin, antivirus yang dikembangkan untuk mengobati cacar (tecovirimat, dikomersialkan sebagai TPOXX) juga disetujui untuk pengobatan cacar monyet pada Januari 2022. ***

Sumber: ayosemarang
Foto: Monkeypox Virus - Test/Net
WHO Pastikan Vaksin Cacar Monyet Sudah Tersedia WHO Pastikan Vaksin Cacar Monyet Sudah Tersedia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar