Breaking News

Jokowi Seolah “Dicuekin” Joe Biden, Rizal Ramli: Kalau Ngerti Geopolitik Pasti Nggak Kayak Gini


Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat (AS) kembali disorot publik. Setelah beredar video Jokowi tidak disambut oleh pejabat AS, kini video Jokowi seolah “dicuekin” Presiden AS Joe Biden yang jadi pergunjingan.

Video ini memperlihatkan saat Presiden Joko Widodo berfoto bersama Joe Biden dan para pemimpin ASEAN lainnya. Setelah sesi foto berakhir, tampak Presiden Joe Biden yang berada di sebelah kanan Jokowi memalingkan badan dan langsung menghampiri Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Sementara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang berada di sebelah kiri Jokowi juga memalingkan badan untuk mengambil jalur turun dari podium.

Sedang Jokowi terlihat memutar badannya ke kanan, lalu setelah mendapati Joe Biden sedang menyapa pemimpin negara lain, Jokowi melanjutkan putaran badannya dan kemudian mengikuti PM Lee turun podium dari sisi berlawanan dengan Joe Biden.

Tokoh senior DR. Rizal Ramli turut bereaksi melihat pemandangan ini. Menurutnya, situasi itu tidak akan terjadi jika presiden Indonesia adalah sosok yang pandai membaca geopolitik dunia.  

“Ngeledek kok gini? Klo Presiden RI canggih dan ngerti geopolitik, mampu perjuangkan prinsip-prinsip non-blok, pasti ndak dicuekin kaya gini,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Sabtu (14/5). Rizal Ramli turut mengunggah foto yang seolah menunjukkan Jokowi sedang "dicuekin" oleh Joe Biden.

Terakhir, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu mengaku miris dengan kejadian tersebut. Sebab, pemimpin Indonesia seolah dibuat nelangsa di pertemuan internasional.

“Kok nelongso,” tutup pria yang akrab disapa RR itu.

Sumber: rmol
Foto: Pemandangan sesaat setelah Presiden Joko Widodo berfoto bersama pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden/Net
Jokowi Seolah “Dicuekin” Joe Biden, Rizal Ramli: Kalau Ngerti Geopolitik Pasti Nggak Kayak Gini Jokowi Seolah “Dicuekin” Joe Biden, Rizal Ramli: Kalau Ngerti Geopolitik Pasti Nggak Kayak Gini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar