Breaking News

Israel Kembali Serang Tepi Barat, Presiden Mahmoud Abbas Teriak Minta Dunia Lindungi Rakyat Palestina


Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (14/4) meminta dunia agar melindungi rakyat Palestina. Permintaan tersebut disampaikan di tengah eskalasi ketegangan Israel yang signifikan di Tepi Barat.

Seperti dilansir dari Antara, kantor berita resmi Palestina Wafa melaporkan bahwa Abbas menyampaikan seruannya itu saat rapat dengan perwakilan khusus Uni Eropa untuk proses perdamaian Timur Tengah Sven Koopmans. 

Abbas telah mengkaji serangan berkelanjutan Israel terhadap rakyat Palestina, menyebut eskalasi ketegangan yang sedang berlangsung tak terbendung.

Ketegangan antara Israel dan Palestina berkobar di Tepi Barat dan Yerusalem Timur selama tiga pekan belakangan. Terutama selama bulan suci Ramadan.

Pada awal pekan ini, Juru Bicara Presiden Palestina Nabil Abu Rudeineh memperingatkan bahwa langkah eskalasi Israel di wilayah Palestina akan mendorong masalah ke situasi yang tak terkendali.

Polisi Israel bentrok dengan warga Palestina di sebuah situs suci di Kota Tua Yerusalem ketika terjadi kekerasan setelah salat subuh pada Jumat (15/4). 

Ketegangan di Yerusalem meningkat saat bulan suci Ramadan bertepatan dengan perayaan Paskah Yahudi dan Paskah Kristen tahun ini.

Pasukan keamanan Israel dalam siaga tinggi setelah serentetan serangan oleh warga Arab yang mematikan di seluruh negeri selama dua pekan terakhir. 

Polisi mendatangi kompleks tersebut, yang dianggap Bukit Bait Suci oleh kaum Yahudi dan dianggap sebagai Situs Suci oleh umat Muslim, untuk membubarkan kerumunan.

Polisi mengatakan mereka memasuki kompleks tersebut untuk membubarkan dan memukul mundur massa. Dinas ambulans Bulan Sabit Merah Palestina menyebutkan sebanyak 59 orang terluka dalam insiden tersebut.

Sumber: fajar
Foto: Warga Palestina membawa jenazah warga yang tewas oleh tentara Israel saat terjadi bentrok dalam penyerbuan, di Silwad dekat Ramallah, wilayah pendudukan Israel, Tepi Barat, Kamis (14/4). (Mohamad Torokman/Reuters/Antara)
Israel Kembali Serang Tepi Barat, Presiden Mahmoud Abbas Teriak Minta Dunia Lindungi Rakyat Palestina Israel Kembali Serang Tepi Barat, Presiden Mahmoud Abbas Teriak Minta Dunia Lindungi Rakyat Palestina Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar