Breaking News

Stafsus BUMN Dukung Peter Gontha Laporkan Kasus Garuda ke KPK: Mantan Komisaris Diperiksa Saja


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga memberikan dukungannya kepada Peter Gontha untuk menyerahkan data penyewaan pesawat Garuda Indonesia kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Arya mendorong agar mantan komisaris dan direksi Garuda Indonesia pada saat itu agar diperiksa untuk mengetahui bagaimana penyewaan pesawat.

"Kami sangat mendukung kalau benar Peter Gontha sudah memberikan data mengenai penyewaan pesawat ke KPK. Kita dorong supaya mantan komisaris atau mantan direksi pada saat itu diperiksa saja untuk mengecek bagaimana dulu sampai penyewaan pesawat tersebut bisa terjadi," kata Arya dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 1 November 2021.

Menurutnya, permasalahan keuangan Garuda Indonesia merupakan kasus-ugal-ugalan terutama terkait penyewaan pesawat.

Arya menyebutkan Peter Gontha juga ikut dalam penyewaan pesawat tersebut dan ikut menandatangani beberapa proyek meskipun ada juga yang tidak ditandatangani.

"Tapi beliau ikut semua tanda tangan penyewaan pesawat, jadi kalau bisa dorong saja supaya bisa diperiksa komisaris, direksi yang pada saat itu memang bertugas di sana supaya terang benderang. Kami support apa yang dilakukan Peter Gontha, termasuk Peter Gontha-nya sekalian bisa menjelaskan," ujar Arya.

Usai melepas dari jabatan sebagai komisaris Garuda Indonesia, Peter perlahan membeberkan berbagai masalah yang terjadi di perusahaan penerbangan pelat merah itu kepada publik.

Peter mengaku sudah melaporkan persoalan yang melanda maskapai Garuda kepada sejumlah lembaga mulai dari Dirjen Kemenkumham hingga Ketua KPK.

Sebelumnya, Peter Gontha membenarkan terdapat hal yang 'tidak beres' di dalam internal Garuda Indonesia, sehingga terjerat utang menggunung mencapai Rp70 triliun saat ini.

Dia juga mengungkapan bagaimana dirinya dituduh memperlambat atau mempersulit pencairan penyertaan modal negara (PMN) untuk Garuda Indonesia.

"Pada tanggal 27 Desember 2020 yang lalu, pada waktu saya tengah berlibur di Bali, saya dituduh memperlambat atau mempersulit pencairan uang PMN (penyertaan modal negara) pada Garuda," tutur Peter Gontha, Kamis, 28 Oktober 2021 di akun Instagram @petergontha.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga. /Antara Foto/Zubi Mahrofi
Stafsus BUMN Dukung Peter Gontha Laporkan Kasus Garuda ke KPK: Mantan Komisaris Diperiksa Saja Stafsus BUMN Dukung Peter Gontha Laporkan Kasus Garuda ke KPK: Mantan Komisaris Diperiksa Saja Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar