Breaking News

KH Hasyim Asy’ari Analogikan NU seperti Kandang Kambing, Faizal Assegaf Beri Sindiran


Kritikus Faizal Assegaf kembali melontarkan kritikan keras terhadap Nahdatul Ulama (NU) yang selama ini dinilai mengkultuskan Kyai Haji Hasyim Asy’ari sebagai ulama dan pendiri NU.

Menurut Faizal Assegaf, Ormas NU seperti kandang kambing. Dia mengatakan bahwa Hasyim Asyari sendiri yang menganalogikan NU seperti kumpulan kambing di dalam pagar yang bersatu untuk melawan para serigala.

Hal itu diketahui setelah dirinya membaca landasan pembentukan NU yang dibuat oleh Hasyim Asy’ari yang disebut Muqaddimah Qanun Asasi.

” (Dia) mengambil satu analogi yaitu dengan mengatakan bahwa wadah organisasi ini adalah kumpulan kambing-kambing yang harus bersatu di dalam pagar untuk menghadapi serigala-serigala,” ujar Faizal Assegaf dikutip kanal YouTube-nya, Senin (1/11/2021).

Faizal menilai, pendekatan analogi Hasyim Asy’ari ini semakin mempertegas bahwa wawasan keagamaan yang dimiliki Hasyim Asy’ari sangat lemah dan rendah kualitasnya.

“Karena contoh yang diambil itu adalah kambing” kata Faizal Assegaf.

Dia menilai, analogi NU seperti kumpulan kambing itu, analogi yang mundur. Sebab analogi itu secara peradaban tidak pernah dipakai oleh para ulama-ulama terdahulu dalam membangun sebuah majelis atau perhimpunan.

“Alquran itu tidak mengambil contoh dari kambing. Alquran itu mengabadikan pesan pesan hikmah yang diajarkan oleh Allah melalui Alquran. Yaitu lebah, semut sebagai contoh makhluk yang dipuji oleh Allah. Alquran tidak mengambil kambing” kata Faizal.

“Maka analogi yang dipakai Hasyim Asy’ari di dalam pembentukan organisasi NU. ini bisa dilihat lebih dalam bisa kita membuka isi kepalanya, bahwa dia itu kosong. Tidak punya wawasan dalam membangun organisasi. Yang dipakai itu kan analogi yang rendah sekali. Yang tidak dirujuk oleh orang orang yang menyebarkan hikmah” tutur Faizal Assegaf. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Faizal Assegaf/Net
KH Hasyim Asy’ari Analogikan NU seperti Kandang Kambing, Faizal Assegaf Beri Sindiran KH Hasyim Asy’ari Analogikan NU seperti Kandang Kambing, Faizal Assegaf Beri Sindiran Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar