Breaking News

Kepala BPIP Bilang Agama Musuh Terbesar Pancasila Bertolak Belakang dengan Founding Fathers!


Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia dinilai bersebrangan dengan agama oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

Dalam sebuah wawancara dengan satu media nasional, Yudian menyatakan, sejak era reformasi asas-asas organisasi termasuk partai politik boleh memilih Pancasila. Misalnya, asas agama Islam.

Sejak itu menurutnya Pancasila dibunuh secara administratif. Bahkan, Yudian menyebut ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai--nilai Pancasila, seperti Ijtima Ulama.

Yudian menilai, kelompok yang mengklaim dirinya sebagai mayoritas itu justru mengancam Pancasila yang sebenarnya adalah agama itu sendiri.

Rektor Universitas Paramadina, Prof. Didik J Rachbini memandang, pernyataan Kepala BPIP terkait Pancasila ini bertolak belakang dengan gagasan pikir para pendiri bangsa (founding fathers).

"Dalam sejarah yang tertulis, tidak pernah Soekarno menelurkan perkataan bahwa Pancasila akan dapat menggantikan agama atau kepercayaan lain di Indonesia," ujar Didik dalam diskusi virtual bertajuk 'Pancasila, Agama dan Ideologi', yang digelar pada Rabu malam (17/11).

Ekonom senior INDEF ini memandang, terkait pelaksanaan dan pengamalan Pancasila yang dinyatakan Yudian menunjukkan situasi yang kontraproduktif dan harus dikritisi masyarakat luas.

Didik bahkan juga menyampaikan kritikan para intelektual senior seperti Romo Magniz Suseno dan Ariel Heryanto yang melihat Pancasila kini seakan-akan telah dijadikan alat oleh penguasa.

"Dijadikan alat untuk memukul pihak-pihak yang dianggap berseberangan pendapat dengan kekuasaan, dan juga ada upaya membenturkan agama dengan Pancasila," ucapnya.

Lebih dari itu, Didik berpandangan seharusnya Pancasila menjadi "payung" yang dapat menaungi semua pandangan kelompok agama dan keyakinan lainnya di Indonesia.

"Agama tidak mengajarkan umatnya untuk menjadi kriminal dan menjadi musuh dasar falsafah negara, kecuali sekelompok kecil kaum yang menyelewengkan agama menurut kepentingannya," demikian Didik. (rmol)

Foto: Rektor Universitas Paramadina, Prof. Didik J Rachbini/Net
Kepala BPIP Bilang Agama Musuh Terbesar Pancasila Bertolak Belakang dengan Founding Fathers! Kepala BPIP Bilang Agama Musuh Terbesar Pancasila Bertolak Belakang dengan Founding Fathers! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar