Breaking News

Kenapa Pencuri Ayam Dihukum Lebih Lama daripada Maling Uang Rakyat? Novel Baswedan Ungkap Pandangannya


Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengungkapkan, pidana maling uang rakyat memiliki banyak delik.

Novel Baswedan menuturkan, terdapat beberapa delik pidana maling uang rakyat, seperti delik suap dan delik kerugian keuangan negara.

Pernyataannya terkait delik pidana maling uang rakyat tersebut disampaikan usai mendapat pertanyaan dari netizen tentang ‘mengapa pencuri ayam hukumannya lebih lama daripada maling uang rakyat?’

“Kita perlu paham dulu, pidana korupsi itu banyak deliknya. Ada terkait delik suap, ada delik terkait dengan kerugian keuangan negara,” ucapnya.

“Begitu juga dengan pidana umum. Contohnya, kalau tadi bicara pencurian ya, itu ada pencurian ringan, pencurian biasa, pencurian pemberatan, dan ada pencurian dengan kekerasan,” katanya menerangkan, seperti dikutip dari kanal YouTube Novel Baswedan pada 1 November 2021.

Mantan penyidik KPK itu menerangkan bahwa, pencurian biasa memiliki ancaman hukuman 5 tahun.

“Pencurian biasa itu ancaman hukumannya 5 tahun, dan kemudian pencurian dengan pemberatan, ancaman maksimalnya 7 tahun, dan pencurian dengan kekerasan, seingat saya 12 tahun,” tuturnya.

Menurutnya, dalam beberapa kasus bisa jadi mendapatkan sanksi yang berat sesuai dengan ancaman maksimal.

Menurutnya, kala disandingkan dengan perkara maling uang rakyat, maka menjadi permasalahan sosial.

Dikatakan oleh mantan penyidik KPK tersebut, perkara tindak pidana maling uang rakyat memiliki beberapa jenis kejahatan.

“Contoh, perbuatan memberi suap, itu ancaman maksimalnya 5 tahun, kalau menerima (suap) itu ada yang 5 tahun, ada yang ancamannya lebih berat, bisa seumur hidup, atau 20 tahun,” ucapnya menerangkan.

Selain itu, dia mengatakan bahwa, ketika pembuktiannya jelas, maka menurutnya semestinya hukuman yang didapat lebih berat.

Pasalnya, pelaku maling uang rakyat menurutnya bukan sekadar mengambil uang yang bukan haknya, tapi juga telah berkhianat dengan sumpah yang telah diucapkan.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan/net
Kenapa Pencuri Ayam Dihukum Lebih Lama daripada Maling Uang Rakyat? Novel Baswedan Ungkap Pandangannya Kenapa Pencuri Ayam Dihukum Lebih Lama daripada Maling Uang Rakyat? Novel Baswedan Ungkap Pandangannya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar