Breaking News

Guru Besar UGM Kritik Presiden Jokowi: Mestinya Buat Pernyataan Inspiratif dan Optimisme


Prof Sigit Riyanto seorang guru Besar Fakultas Hukum UGM memberi tanggapan terkait Presiden Jokowi yang mengaku sedih lantaran Indonesia mengerdilkan bangsanya sendiri. 

Seperti yang diketahui, melalui pernyataan Presiden Jokowi mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak bermental inlander, inferior, dan terjajah. 

“Kepala Negara dan pemimpin bangsa besar dan beradab, mestinya membuat pernyataan yang inspiratif dan membangun optimisme,” kata Prof Sigit.

Selain itu, bukan tanpa alasan, menurut Prof Sigit sosok pemimpin (Jokowi) hari ini seharusnya berkembang lebih baik dari pada pemimpin yang lalu, termasuk lewat komunikasi yang seharusnya lebih menginspirasi. 

“Para pendiri bangsa telah memberikan teladan bagaimana pernyataan-pernyataannya begitu menginspirasi dan membangkitkan kebanggaan,” tuturnya. 

Sementara itu, Peneliti Imparsial Hussein Ahmad menambahkan ada paradoks dalam pidato Jokowi yang menyebutkan bahwa bangsa indonesia mengerdilkan dirinya sendiri. 

“Pada kenyataannya pemerintah justru menempatkan rakyatnya sendiri dalam keadaan yang Jokowi sebutkan,” kata Hussein. 

Lebih lanjut, menurutnya hal tersebut sangat jelas terlihat dari langkah-langkah yang diambil oleh presiden dan pemerintah dalam kebijakan yang diambilnya.

“Contohnya dilihat dengan ngototnya pemerintah mensahkan UU Omnibuslaw beberapa waktu lalu. Padahal, dengan UU itu disahkan ada banyak sekali masalah,” pungkasnya. 

Dirinya lantas membeberkan beberapa kerugian yang ditimbulkan oleh UU Omnibuslaw dan berdampak pada masyarakat. 

“Masalahnya dalam sektor perburuhan, UU tersebut mereduksi hak-hak normatif buruh. Akan tetapi, sebaliknya Omnibuslaw tersebut justru sangat memudahkan sekali investor,” ujarnya. 

Sebelumnya Jokowi mengaku sedih karena di negeri sendiri, posisi Indonesia justru dikerdilkan. 

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi sambutan di HUT ke-10 Parta NasDem, Kamis (11/11/2021).

“Yang sering saya sedih, posisi kita semakin dihargai, posisi kita semakin dihormati, posisi kita semakin dipandang oleh negara lain, tapi sering di negara sendiri dikerdilkan. Ini yang sering membuat saya sedih,” kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube NasDem TV. [terkini]

Foto: Presiden Joko Widodo/Net
Guru Besar UGM Kritik Presiden Jokowi: Mestinya Buat Pernyataan Inspiratif dan Optimisme Guru Besar UGM Kritik Presiden Jokowi: Mestinya Buat Pernyataan Inspiratif dan Optimisme Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. Cari Cuan bareng yuk di MARIOWIN modal 10,000
    Banyak event-event menarik yang sedang berlangsung loh bang.
    - Freespin 25% & Buyspin 20%
    - Bola Petir Gates of Olympus
    - Winstrike Sportsbook
    - Mix Parlay
    kontak : 087777704732

    BalasHapus