Breaking News

Bukan Gegara Sindir Jokowi, Pengamat Ungkap Dua Hal Ini Jadi Penyebab Prabowo Tegur Fadli Zon


Alasan pasti Fadli Zon ditegur ketua umumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, karena menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Namun ada dugaan Fadli Zon ditegur Prabowo bukan karena menyentil Jokowi.

Founder The Cyrus Network, Hasan Nasbi, membeberkan dua kemungkinan besar Fadli Zon ditegur Prabowo. 

Alasan Prabowo menegur Fadli Zon disebut bukan karena hal sepele, dan ini masih terkait cuitan-cuitan mantan pimpinan DPR RI itu.

"Ada statement dari jubir Gerindra, Bang Fadli Zon itu kena teguran oleh Ketum Gerindra karena mengkritik Jokowi soal banjir di Sintang," kata Hasan Nasbi mengawali analisisnya seperti dikutip dari YouTube Hasan Nasbi, Jumat (19/11/2021).

Hasan Nasbi menyebut kesimpulan Fadli Zon ditegur karena menyindir Jokowi soal banjir Sintang merupakan sebuah fakta yang disampaikan juru bicara Partai Gerindra Habiburokhman. 

Namun dia yakin ada hal besar lain di balik teguran Prabowo ke Fadli Zon.

Ini, kata Hasan Nasbi, karena Fadli Zon sebelumnya tidak pernah ditegur Gerindra karena mengkritik Jokowi. 

Soal banjir Sintang, disebut Hasan Nasbi, merupakan kritik biasa dari Fadli Zon karena sebelumnya lebih 'parah'.

"Boleh dong menduga-duga, di balik fakta ini ada dugaan," kata Hasan Nasbi.

Dugaan Pertama

Hasan Nasbi menyoroti cuitan terakhir Fadli Zon di Twitter. Cuitan yang merupakan retweet sebuah berita itu berbunyi 'Deforestasi itu nyata'.

"Saya justru khawatir Bang Fadli Zon ditegur karena mengkaitkan banjir dengan deforestasi," ujarnya.

"Ada postingan Bang Fadli Zon yang isinya deforestasi itu nyata. Ya kira-kira Bang Fadli Zon menjelma menjadi aktivis Greenpeace di Indonesia. Mungkin ini sebenarnya yang menyebabkan Bang Fadli Zon ditegur karena ini tweet terakhirnya dia," kata Hasan Nasbi.

Mengapa cuitan 'Deforestasi itu nyata' bikin Fadli Zon sampai ditegur Prabowo?

Hasan Nasbi mengungkit peran Prabowo di Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk mengurusi Food Estate di Kalimantan.

"Ini yang menyebabkan Bang Fadli Zon ditegur karena mengkritik deforestasi pembukaan lahan hutan itu, penebangan pohon, penebangan hutan, sementara ketua umumnya sedang giat-giatnya menebang pohon dan membuka hutan untuk mewujudkan sebuah Food Estate di Kalimantan," ujar Hasan Nasbi.

"Jadi menurut saya apa yang diposting Bang Fadli itu menegasikan, bahkan mengkritik apa yang sedang dilakukan ketumnya. Mungkin dianggap offside dan dia ditegur. Ini sangat mungkin terjadi," ujar Hasan Nasbi.

Soal Puan

Dugaan kedua mengapa Fadli Zon sampai ditegur Prabowo, menurut Hasan Nasbi, ada kaitannya dengan Pilpres 2024 dan PDIP. Fadli Zon menyindir elite PDIP Puan Maharani yang hujan-hujanan menanam padi.

"Atau yang kedua mungkin juga karena Bang Fadli Zon mengkritik Ibu Puan yang lagi menanam padi hujan-hujan. Memang itu tidak lazim dan menurut saya ledekannya ya bolehlah. Tapi mungkin itu mengganggu hubungan baik PDIP dengan Gerindra. Mengganggu komunikasi yang dibangun, komunikasi yang dibangun Gerindra dan PDIP dalam rangka 2024," ujarnya.

Hasan Nasbi menyebut PDIP dan Gerindra santer diisukan tengah menjalin komunikasi intensif untuk mengkonsolidasikan kekuatan jelang Pilpres 2024.

"Ada yang menduga Prabowo-Puan, ada yang menduga yang lain," kata dia. [detik]

Foto: Hasan Nasbi menganalisis dua dugaan penyebab Fadli Zon ditegur Prabowo, bukan karena banjir Sintang (Foto: Ari Saputra/detikcom).
Bukan Gegara Sindir Jokowi, Pengamat Ungkap Dua Hal Ini Jadi Penyebab Prabowo Tegur Fadli Zon Bukan Gegara Sindir Jokowi, Pengamat Ungkap Dua Hal Ini Jadi Penyebab Prabowo Tegur Fadli Zon Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar