Breaking News

ASN di Menteng Terima Bansos, Wakil Wali Kota Jakpus Marah: Menteri Risma Jangan Asal Sebut


Kisruh masalah bansos yang tidak tepat sasaran, membuat Pemerintah Kota Jakarta Pusat meradang. 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyatakan bahwa tidak ada Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif yang tinggal di wilayah Menteng menjadi penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

"Saya cek tidak ada ASN yang terima, mungkin pensiunan. Kalau pensiunan bekas penjaga sekolah ya itu ASN juga. Bu Menteri juga perlu cek ASN-nya siapa, aktif atau tidak," kata Irwandi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 19 November.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan terdapat 28.965 ASN aktif diduga menerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai.

Mensos juga menyebutkan ada salah satu ASN yang tinggal di wilayah Menteng, Jakarta Pusat, turut menerima bansos tersebut.

"Tidak ada, kalau terbukti kita sudah coret datanya. Itu kan data dari Kemensos, tidak dari kita, kecuali dari DKI punya, kita cari," ujar Irwandi.

Lebih lanjut ia mengatakan, data penerima bantuan sosial tersebut berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dihimpun oleh Kementerian Sosial. 

Kemensos perlu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, kota hingga tingkat kelurahan untuk memverifikasi penerima bantuan sehingga tidak salah sasaran.

"Data dari Kemensos itu 'top down' bukan dari DKI punya, apalagi dari kita. Makanya Kemensos perlu duduk bareng dengan Pemda, dengan wali kota, dengan wilayah, lurah, camat, RT biar tidak salah sasaran," ujarnya.

Irwandi menilai, penyaluran bansos yang tidak tepat sasaran itu menjadi sepenuhnya tanggung jawab Kemensos. 

Ia tak terima jika Pemda dan Pemkot disalahkan atas masalah ini.

"Salah dia dong, dia yang cari (penerima bansosnya). Bukan kita yang cari. Jangan nyalahin anak buah saya," kata Irwandi.

Meski demikian, Irwandi tetap akan melakukan pengecekan ke Suku Dinas Sosial Pemkot Jakpus untuk mengecek kebenaran pernyataan Risma.

"Jangan asal nyebut aja. Jangan ada unsur politis," katanya.

Irwandi juga menyarankan agar kedepannya Kemensos bisa berkoordinasi terlebih dulu dengan perangkat daerah agar penyaluran bansos lebih tepat sasaran. [voi]

Foto: Menteri Sosial Tri Rismaharini/Net
ASN di Menteng Terima Bansos, Wakil Wali Kota Jakpus Marah: Menteri Risma Jangan Asal Sebut ASN di Menteng Terima Bansos, Wakil Wali Kota Jakpus Marah: Menteri Risma Jangan Asal Sebut Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

3 komentar:

  1. AGEN Sl0t,Jud! Bola,T0gel terpercaya
    hanya dengan 10rb bisa menang jutaan rupiah
    daftarkan dirimu sekarang juga di KADOBET
    info lebih lanjut
    Link : <a href="https://jaga.link/kadogacor>KLIK DISINI</a>
    WA : 0877-7060-8353

    BalasHapus
  2. AGEN Sl0t,Jud! Bola,T0gel terpercaya
    hanya dengan 10rb bisa menang jutaan rupiah
    daftarkan dirimu sekarang juga di KADOBET
    info lebih lanjut
    Link : KLIK DISINI
    WA : 0877-7060-8353

    BalasHapus
  3. Cari Cuan bareng yuk di MARIOWIN modal 10,000
    Banyak event-event menarik yang sedang berlangsung loh bang.
    - Freespin 25% & Buyspin 20%
    - Bola Petir Gates of Olympus
    - Winstrike Sportsbook
    - Mix Parlay
    kontak : 087777704732

    BalasHapus