Breaking News

Jakarta Provinsi Paling Demokratis, Netizen: Pembenci Pak Anies Makin Kejang


Lagi, DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai provinsi paling demokratis di Indonesia. Pencapaian ini telah empat tahun berturut-turut diraih ibukota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersorak atas pencapaian ini. Dalam rilis Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS), angka IDI Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat satu secara nasional dengan nilai indeks sebesar 89,21.

“Ya, Provinsi Paling Demokratis! Empat tahun berturut-turut Jakarta menjadi provinsi paling demokratis se-Indonesia! Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta berhasil mempertahankan posisi peringkat satu selama empat tahun berturut-turut, sejak 2017,” ujar Anies di Instagram, Minggu (5/9/2021).

IDI Provinsi DKI Jakarta selalu meraih kategori baik dan nilai IDI DKI terus bertumbuh, yakni 84,73 pada 2017, 85,08 pada 2018, dan 88,29 pada 2019.

Anies mengatakan, angka pencapaian ini menunjukkan bahwa warga Jakarta semakin matang dalam berdemokrasi.

“Pertumbuhan demokrasi ini hanya bisa terwujud berkat kolaborasi seluruh stakeholder dan komponen masyarakat yang telah menjaga DKI Jakarta tetap kondusif dan demokratis,” jelasnya.

Ada tiga aspek yang dinilai dalam penghitungan nilai IDI. Yakni, aspek kebebasan sipil, aspek hak-hak politik dan aspek lembaga demokrasi.

Indeks ini adalah semacam cermin untuk merefleksikan kekuatan dan kekurangan dalam berdemokrasi.

Sekalipun capaian indeks demokrasi DKI Jakarta di tahun ini sudah makin tinggi, Anies menyatakan, masih ada beberapa pekerjaan rumah.

“Mari pertahankan hal-hal yang sudah baik, dan bersama-sama perkuat yang masih kurang, untuk Jakarta yang lebih aman dan demokratis. Kita ingin Ibu Kota terus menjadi rujukan di dalam menjaga suasana demokratis di Indonesia,” seru Anies.

Serupa dengan Anies, pengikutnya di Instagram turut merasa bangga atas pencapaian tersebut.

Tak sedikit dari mereka yang menyeret pihak-pihak yang kerap berseberangan dengan mantan Mendikbud itu.

“Makin panas aja tuh PDIP dan PSI,” celetuk @tanjung***.

“Makin kejang pembenci pak Anies ini mah,” sambung @ikhwanul***.

“Hati yang kotor menangis lihat ini,” timpal @anwar***. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tangkap Layar Postingan Anies Baswedan (foto: Instagram)
Jakarta Provinsi Paling Demokratis, Netizen: Pembenci Pak Anies Makin Kejang Jakarta Provinsi Paling Demokratis, Netizen: Pembenci Pak Anies Makin Kejang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar