Breaking News

Elektabilitas AHY Meningkat, Syarief Hasan: Harapan Masyarakat


Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengapresiasi rilis survei Centre for Indonesia Strategic Action (CISA) yang menunjukkan tren elektabilitas tokoh-tokoh politik Indonesia untuk Pilpres 2024.

Survei politik adalah metode akademik yang cukup presisi dalam memetakan tingkat keterpilihan dalam kontestasi politik.

Menurutnya, di era demokrasi tren tersebut, tentu baik karena menggambarkan aspirasi dan tingkat dukungan rakyat terhadap calon pemimpinnya.

Selain itu, survei politik telah menjadi bagian dan ciri dari demokrasi. Dengan survei, proses kanalisasi aspirasi berangkat dari bawah dan menghimpun peta dukungan rakyat dalam menyikapi momentum politik tertentu.

Ia mengatakan bahwa dirinya percaya jika survei politik sebagai metode universal yang menjadi bagian dari proses berdemokrasi.

“Saya percaya survei politik adalah metode universal yang telah menjadi bagian melekat dari proses berdemokrasi. Apa yang ditampilkan dalam rilis survei adalah peta sebenarnya dari keinginan rakyat,” katanya.

Menurutnya, hasil survei tersebut cukup presisi, meskipun tidak seluruh rakyat menjadi responden dan merupakan metode baku yang teruji secara ilmiah.

Mantan Menteri Koperasi dan UKM itu menyatakan bahwa sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, penggunaan metode survei dalam menyikapi dinamika dan aspirasi rakyat adalah tradisi berdemokrasi yang baik.

Rilis survei tidak hanya terbatas pada survei politik, tetapi dapat menjadi wadah menghimpun aspirasi rakyat dalam ranah kebijakan yang lebih luas.

“Termasuk dalam hal ini survei politik untuk melihat bagaimana rakyat mengharapkan sosok pemimpinnya. Pada Pilpres 2024 nanti, rakyat tentu menginginkan pemimpin yang dapat membawa Indonesia lebih maju, makmur, dan demokratis,” kata Syarief Hasan.

Pada survei Agustus 2021, CISA merilis peningkatan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon pemimpin yang diinginkan rakyat menjadi Presiden Indonesia pada Pilpres 2024.

AHY meraih tren peningkatan yang konsisten dibandingkan dengan tokoh lain dalam rilis survei ini.

CISA turut menganalisis peningkatan tren yang menunjukkan kemampuan manajerial AHY dalam resolusi konflik di internal Partai Demokrat, serta figur AHY sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat di berbagai daerah.

“Saya sendiri tidak heran dengan peningkatan tren elektabilitas AHY. Hasil survei ini presisi mendambakan figur pemimpin yang tegas, berkarakter, serta berani menyuarakan aspirasi rakyat. AHY memiliki itu semua. Konsistensi tren ini sejatinya adalah esensi harapan rakyat,” katanya yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari MPR, Minggu, 5 September 2021.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Potret Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). /Instagram/@pdemokrat
Elektabilitas AHY Meningkat, Syarief Hasan: Harapan Masyarakat Elektabilitas AHY Meningkat, Syarief Hasan: Harapan Masyarakat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar