Breaking News

TKA China Datang di Tengah Amukan Corona, Gus Umar Ke Pemerintah: Suka-suka Kalianlah


Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Hasibuan atau dikenal Gus Umar mengungkapkan kegeramannya melihat rombongan TKA China datang ke Indonesia di tengah amukan Covid-19.

Lebih jauh, Gus Umar pun menilai dengan adanya kedatangan rombongan TKA China ini menandakan Pemerintah Indonesia lebih mementingkan hal lain ketimbang menyelamatkan kesehatan jiwa rakyatnya.

Sebelumnya, kabar tibanya puluhan TKA China di wilayah Indonesia melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel), itu sempat dibenarkan oleh pihak Direktorat Jendral (Ditjen) Imigrasi.

“Sementara itu terkait pemberitaan masuknya 20 orang TKA di Sulsel, benar bahwa mereka adalah TKA yang akan bekerja di Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Kabupaten Bantaeng,” tulis akun Twitter resmi Ditjen Imigrasi @ditjen_imigrasi, Minggu, 4 Juli 2021, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

“Seluruh TKA (China) telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh Kemenkes dan memenuhi persyaratan keimigrasian,” sambung akun tersebut.

Meski begitu, pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke Indonesia.

“Saat ini Pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran Covid-19,” tulis akun @ditjen_imigrasi melanjutkan.

“Aturan pelarangan ini mengacu kepada peraturan Menkumham nomor 26 tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal pada masa adaptasi kebiasaan baru,” sambung akun itu.

Meski begitu Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki tujuan esensial tetap diperbolehkan masuk ke Indonesia.

“Aturan ini mengecualikan masuknya orang asing untuk tujuan esensial seperti bekerja di PSN, penyatuan keluarga, dan kemanusiaan,” cuit akun Ditjen Imigrasi.

“Selain itu, orang asing yang masuk Indonesia harus lolos pemeriksaan kesehatan oleh tim Kemenkes sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri,” tulisnya menambahkan.

Sebelumnya pemerintah telah secara resmi memutuskan memberlakukan PPKM Darurat demi mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia yang kini mengganas.

Keputusan menerapkan PPKM Darurat itu secara resmi diumumkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kamis, 1 Juli 2021 dan turut disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam kebijakan PPKM Darurat yang mulai berlaku 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 ini pemerintah membuat aturan lebih ketat dalam berbagai sektor khususnya di Jawa dan Bali.

Jokowi pun telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan atau LBP untuk memimpin PPKM Darurat di Jawa, dan Bali.

Sementara itu, bila melihat data yang dirilis Kementerian Kesehatan per Minggu, 4 Juli 2021 kemarin, kasus kematian akibat Covid-19 kembali melonjak.

Dari data yang disajikan Kementerian Kesehatan itu, diketahui telah terjadi penambahan kasus hanya dalam kurun waktu 24 jam terakhir yakni sebanyak 555 jiwa.

Dengan adanya penambahan itu, total keseluruhan kasus kematian pasien karena infeksi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mencapai 60.582 jiwa.

Selain kasus kematian yang kembalo meningkat, kasus harian positif Covid-19 di Indonesia pun melonjak tajam sebanyak 27.233 jiwa dibanding hari sebelumnya.

Secara akumulasi, Kementerian Kesehatan pun mencatat saat ini total kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka 2.284.084 jiwa.

Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Tokoh NU, Gus Umar menumpahkan kekesalannya atas longgarnya aturan bagi TKA China.

“Suka suka kalianlah pemerintah. Kami sudah lelah lihat kalian yang lebih pentingkan ekonomi dari pada nyawa jutaan manusia di negara ini,” tulis Gus Umar di akun Twitter-nya @umar_chelsea75, Minggu, 4 Juli 2021, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

“Saya gak percaya LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) bisa bawa Indonesia keluar dari jurang maut Covid-19,” cuit Gus Umar dalam unggahan yang lain.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Hasibuan. /Twitter @umarhasibuan70
TKA China Datang di Tengah Amukan Corona, Gus Umar Ke Pemerintah: Suka-suka Kalianlah TKA China Datang di Tengah Amukan Corona, Gus Umar Ke Pemerintah: Suka-suka Kalianlah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar