Breaking News

Serukan Hentikan PPKM Darurat, Anak Buah Megawati: Ini Jelas Gagal!


Salah seorang politisi PDIP menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tidak perlu diteruskan karena tidak efektif menangani pandemi Covid-19.

Setidaknya hal tersebut diungkapkan Yevri Sitorus, yang juga merupakan anggota Komisi VI DPR RI Deddy, dalam keterangan persnya, Senin, 19 Juli 2021.

“PPKM Darurat sudah dua minggu dan malah terus meroket menembus 50 ribu paparan per hari. Ini jelas gagal,” ujar anak buah Megawati Soekarnoputri ini blak-blakan.

Ia menyatakan, musuh sebenarnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah pikiran dan kecemasan berlebihan. Sebab, faktanya, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 itu sangat tinggi.

Angka statistik menunjukkan, lanjut dia, Covid-19 berakibat fatal terhadap orang yang mempunyai penyakit penyerta, yang imunitasnya rendah, yang terlambat mendapat pertolongan saat kadar oksigen tubuh menurun, dan yang konstan berada di lokasi dengan viral load tinggi.

Sehubungan hal itu, ia menyarankan agar pemerintah melindungi masyarakat yang rentan itu tersebut.

Ia meminta Pemerintah segera mengubah paradigma berpikir menghadapi pandemi Covid-19. “Kuncinya ada pada herd immunity (kekebalan komunal),” ujarnya.

Dia menyarankan agar masyarakat yang sehat dan yang sudah divaksinasi untuk beraktivitas dengan memastikan
protokol kesehatan yang ketat.

Pengawasan dan penegakan hukum yang ketat dalam pelaksanaan protokol kesehatan, serta pelibatan komunitas lingkungan tinggal dan lingkungan pekerjaan serta tempat publik adalah kuncinya.

Oleh karena itu, ia berharap agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan baik dalam menghadapi pandemi ini.

“Sebenarnya yang harus berperan itu pemerintah daerah, sebab mereka yang punya wilayah. Selama ini masih cenderung pasif dan timpang,” kata Deddy.

“Sekali lagi saya serukan, hentikan saja PPKM Darurat. Sebab, tidak akan efektif tanpa diikuti mobilisasi aparatur besar-besaran hingga ke lingkungan RT,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada pemerintah untuk memberikan solusi terhadap masyarakat yang terdampak PPKM Darurat Jawa-Bali. Khususnya, masyarakat ekonomi yang menengah ke bawah (miskin).

“Pemerintah harus secepatnya mencari solusi bantu masyarakat yang kurang mampu,” kata Puan dalam keterangannya, Senin, 19 Juli 2021.

Ketua DPP PDI-Perjuangan itu mengatakan, tidak semua masyarakat Indonesia mempunyai tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama PKKM Darurat.

“Tidak semua orang mempunyai sumber penghasilan dan tabungan yang cukup kebutuhan setiap hari, minimal pemerintah memberikan kebijakan nyata dan semua pihak mengulurkan tangan,” ucapnya.

Menurut putri Megawati Soekarnoputri itu, jika pemerintah memahami masalah yang dihadapi rakyatnya. Maka program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 bisa berjalan dengan baik ke depannya.

“Kepercayaan rakyat harus terus dijaga lewat beragam cara. Jangan sampai rakyat berputus asa dan menganggap negara tidak ada atau abai. Ketika rakyat percaya, apapun program pemerintah akan otomatis didukung juga,” tandasnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi penerapan PPKM Darurat. Anak buah Megawati sebut gagal. /ANTARA/Novrian Arbi
Serukan Hentikan PPKM Darurat, Anak Buah Megawati: Ini Jelas Gagal! Serukan Hentikan PPKM Darurat, Anak Buah Megawati: Ini Jelas Gagal! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar