Breaking News

Rachmawati Meninggal, SBY Beberkan Sejumlah Kenangan dengan Anak Soekarno dan Cerita Awal Perkenalannya


Salah satu anak Presiden pertama Indonesia Soekarno yaitu Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia. Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada hari ini lantaran terpapar oleh Covid-19.

Kabar Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia ini menjadi duka bagi bangsa Indonesia. Sejumlah tokoh lantas menyampaikan rasa duka cita atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri.

Salah satu tokoh yang menyampaikan ucapan duka ini adalah Presiden Indonesia ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, atau SBY.

“Hari ini, kita semua terkejut atas berpulangnya Ibu Rachmawati Soekarnoputri ke Rahmatullah karena menderita Covid-19. Semoga almarhumah diterima oleh Allah Swt serta ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi-Nya. Sungguhpun Ibu Rachmawati adalah manusia biasa, seperti kita semua, banyak yang telah diperbuat untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Saya yakin Allah akan menimbang segala ibadah, amal dan kebaikan almarhumah selama hidup di dunia,” kata SBY dalam keterangan resmi Partai Demokrat.

SBY mengatakan, selama ini dia mempunyai banyak kenangan dengan Rachmawati Soekarnoputri.

“Sebagai seorang sahabat, secara pribadi saya punya banyak kenangan dengan Ibu Rachmawati. Melalui mimbar ini, beberapa di antaranya ingin saya sampaikan kepada khalayak semua, sungguhpun rasa duka dan kehilangan masih menyelimuti keluarga dan sahabat-sahabat beliau di hari kewafatannya ini,” ujarnya.

SBY menceritakan soal perkenalannya dengan Rachmawati Soekarnoputri yang terjadi pada tahun 2021 yang lalu.

Kala itu, Rachmawati Soekarnoputri secara khusus meminta SBY untuk menjadi pembicara dalam acara haul Soekarno.

“Pertama kali saya mengenal Ibu Rachmawati (secara pribadi) pada akhir Mei 2001. Waktu itu beliau meminta saya (dalam kapasitas saya sebagai Menko Polkam) untuk menyampaikan “keynote speech” pada acara haul Bung Karno yang ke seratus tahun. Secara khusus saya diminta untuk berbicara tentang Tri Sakti Bung Karno. Tentu dengan senang hati permintaan itu saya penuhi mengingat dahulu kala, ketika masih menjadi remaja, saya aktif dan senang mengikuti pikiran dan pidato-pidato Bung Karno. Di hadapan peserta acara haul yang cukup representatif, saya kemukakan pandangan saya tentang Tri Sakti Bung Karno tersebut. Tentu bukan kata-kata harfiahnya, tetapi bagaimana Tri Sakti tersebut diaktualisasikan menjawab tantangan kehidupan bangsa yang terus berkembang dari satu dekade ke dekade yang lain,” ujar SBY.

Keakraban keduanya setelah perkenalan itu terus berlanjut, termasuk kala SBY memberikan kepercayaan kepada Rachmawati Soekarnoputri.

“Kenangan lain yang perlu saya kemukakan adalah ketika Ibu Rachmawati saya berikan kepercayaan, tugas dan kehormatan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh negara itu beliau jalankan dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab. Beliau melibatkan diri secara aktif, dengan antara lain memberikan pandangan, masukan dan usulan kepada saya selaku Presiden. Tentu semuanya demi kepentingan dan kebaikan rakyat Indonesia. Jika materi yang disampaikan cukup sensitif dan kalau disampaikan di hadapan hadirin yang lain bisa menimbulkan kontroversi dan misinterpretasi, beliau sampaikan secara langsung kepada saya dengan didampingi staf beliau. Terhadap sejumlah isu nasional nampak kalau Ibu Rachmawati memiliki kepedulian yang tinggi, serta nampak pula bahwa beliau ingin menjadi bagian dari solusi,” katanya.

“Memang bukan hanya Ibu Rachmawati yang memilih bicara dengan saya “one on one” terhadap isu-isu yang kritikal, karena dinilai lebih efektif dan bahkan beliau-beliau itu bisa berdiskusi secara mendalam dengan saya. Kedua mantan Ketua Wantimpres di era kepresidenan saya, yaitu Bapak Ali Alatas (alm) dan Bapak Emil Salim, yang terkenal kritis (termasuk kepada saya), juga kerap memilih cara-cara pertemuan langsung tersebut,” lanjut SBY.

Selama bertugas bersama itulah, SBY mengaku bisa lebih dekat dan lebih dalam mengetahui sosok Rachmawati Soekarnoputri.

SBY juga mengucapkan terima kasih kepada Rachmawati Soekarnoputri atas apa yang telah diberikan oleh Rachmawati Soekarnoputri.

“Selama mengemban tugas bersama di lembaga kepresidenan (lingkup besar) itulah saya mengenal sosok Ibu Rachmawati, termasuk karakter, pikiran dan idealismenya yang sedikit banyak mewarisi pikiran-pikiran besar ayahandanya, Sang Proklamator, pejuang bangsa dan Presiden Republik Indonesia pertama. Dalam kaitan ini, khususnya apa yang dilakukan oleh Ibu Rachmawati sebagai anggota Wantimpres, secara tulus saya mengucapkan terima kasih, rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ucapnya.

Lebih lanjut, SBY juga menceritakan kapan terakhir kali bisa bertemu dengan Rachmawati Soekarnoputri.

Kala itu, SBY dan Partai Demokrat tengah menghadapi ujian yang menimpa partai, Rachmawati Soekarnoputri menjadi sosok yang peduli dan langsung menemuinya.

“Pertemuan terakhir saya dengan Ibu Rachmawati adalah ketika beliau berkunjung ke rumah saya di Cikeas pada 11 Maret 2021 (tiga setengah bulan yang lalu). Waktu itu beliau sengaja menemui saya sebagai wujud kepedulian serta simpati dan empati yang diberikan kepada keluarga besar Partai Demokrat, yang tengah menghadapi cobaan dan ujian sejarah. Tentu saya sangat terharu ketika masih ada yang mau dan berani bertemu dengan saya kala itu. Sebenarnya saat itu, di samping beliau, tak terhitung pula para tokoh dan sahabat yang secara diam-diam datang menemui saya. Mereka juga ingin menyampaikan simpati dan empatinya,” ujarnya.

“Itulah antara lain kenangan saya bersama almarhumah Ibu Rachmawati Soekarnoputri. Selamat jalan, Ibu Rachmawati, menuju ke haribaan Sang Khaliq. Semoga Ibu hidup dengan teduh dan tenang di sisi Allah, serta dalam pengampunan dan kasih sayang-Nya. Amin,” tutup pernyataan SBY.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Rachmawati Soekarnoputri. SBY membeberkan kenangan-kenangan yang pernah dilalui dengan anak dari Soekarno itu. /Antara Foto/Retno Esnir
Rachmawati Meninggal, SBY Beberkan Sejumlah Kenangan dengan Anak Soekarno dan Cerita Awal Perkenalannya Rachmawati Meninggal, SBY Beberkan Sejumlah Kenangan dengan Anak Soekarno dan Cerita Awal Perkenalannya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar