Breaking News

Ivermectin Bermasalah, dr Tirta: yang Kemarin Promosiin, Mau revisi Pendapatnya?


Pelonjakan kasus positif Covid-10 di Indonesia tiap harinya terus memecahkan rekor. Penambahan pasien membludak tak pelak membuat masyarakat resah.

Bersamaan dengan lonjakan kasus positif Civid-19, obat Ivermectin tiba-tiba saja menjadi primadona di kalangan penyintas Covid-19.

Tak hanya banyak dicari, harga obat Ivermectin yang dipercaya bisa menyembuhkan Covid-19 bahkan meroket tajam.

Melihat banyaknya masyarakat yang salah kaprah terkait penggunaan obat Ivermectin, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito mengambil tindakan kepada PT Harsen Laboratories.

PT Harsen Laboratories selaku produsen obat Ivermectin dengan merek dagang Ivermex 12 mg diancam akan disegel jika tidak kooperatif dalam penindakan.

BPOM mendapati obat cacing yang diklaim dapat menyembuhkan pasien Covid-19 itu, diproduksi dengan bahan baku dari jalur tidak resmi alias ilegal.

Tak hanya itu BPOM juga menemukan bahan-bahan yang tidak memenuhi sejumlah aspek yang sesuai standar CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik).

Mendapati kabar ini, selebgram sekaligus relawan satgas Covid-19 dr Tirta kembali buka suara.

Pria yang akrab disapa Cipeng ini mempertanyakan soal fenomena pemburuan obat Ivermectin yang belum lama ini viral.

Melihat banyaknya penyalahgunaan obat Ivermectin, dr Tirta meminta agar para distributor maupun influenfer yang mempromosikan obat Ivermectin sebagai obat Covid-19 bisa merenungkan kelakuannya.

"Gimana yang kmren promosiin ivermectin? Apakah mau revisi pendapatnya yg menegaskan ivermectin obat covid?," cuit dr Tirta seperti dikutip dari akun Twitter @tirta_hudhi.

Unggahan milik dr Tirta di Twitter soal Ivermectin.

Sebelum dr Tirta, penyanyi sekaligus dokter bedah, Tompi juga sempat menanyakan hal yang sama.

Tompi mempertanyakan izin edar dan ketegasan BPOM serta pemerintah terkait obat Ivermectin sebagai obat cacing atau obat terapi pasien Covid-19.

"Jadi BPOM sudah resmi nih kluarin izin edar ivermectin sebagai obat covid? Atau obat cacing?," ucap Tompi dalam cuitannya di akun Twitter @dr_tompi.

Tompi pun meminta pemerintah bisa bertindak cepat untuk meluruskan fenomena yang sedang terjadi di kalangan masyarakat.

"Harus tegas loh," ujar Tompi lagi.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tirta Mandira Hudhi atau dr. Tirta. /Instagram/@dr.tirta.
Ivermectin Bermasalah, dr Tirta: yang Kemarin Promosiin, Mau revisi Pendapatnya? Ivermectin Bermasalah, dr Tirta: yang Kemarin Promosiin, Mau revisi Pendapatnya? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar