Breaking News

Harga Tabung Oksigen Medis Melambung Tinggi, Politikus PKS: Jangan Tambah Berat Beban Masyarakat


Peningkatan kasus Covid-19 berdampak langsung dengan kelangkaan tabung oksigen. Padahal, tabung oksigen ini sangat dibutuhkan pasien yang harus dirawat dengan menggunakan ventilator.

Untuk itu, anggota Komisi VI DPR, Amin Ak, meminta para penjual tabung oksigen tak menaikkan harga jual di luar nalar. Amin meminta pedagang dapat berempati terhadap masyarakat yang harus dirawat karena terpapar Covid-19 dengan tidak menambah berat beban mereka.

"Naiknya permintaan atau omzet saja sudah untung besar kok, janganlah ditambah dengan menaikkan harga secara tidak wajar," kata Amin Ak melalui keterangannya di Jakarta, Senin (5/7).

Hal ini disampaikan Amin setelah mendapatkan laporan bahwa di sejumlah daerah ada yang menaikkan harga tabung gas oksigen 3 hingga 4 kali lipat dari harga normal. Ini jelas merupakan fenomena aji mumpung yang seharusnya tidak dilakukan di tengah masyarakat yang tengah kesulitan.

Amin juga mendesak Satgas Covid-19 dari pusat hingga daerah untuk mengedukasi masyarakat agar tidak perlu panik dan membeli tabung gas jika kondisi memang sangat diperlukan.

"Pembelian langsung oleh masyarakat umum secara besar-besaran berdampak pada terganggunya pasokan untuk rumah sakit, khususnya tabung gas kecil. Masyarakat juga harus mendahulukan pasien Covid-19 yang memang kondisinya sudah berat,” terang politikus PKS ini.

Selain itu, Satgas juga harus lebih ketat mengawasi perilaku aji mumpung sebagian pengusaha tabung oksigen medis dan isi ulangnya.

Agar pasokan tetap terjamin, Amin juga meminta Kementerian Perindustrian untuk memaksimalkan produksi oksigen medis sesuai kapasitasnya.

Saat ini utilitas rata-rata industri gas oksigen medis baru mencapai 75 persen dari kapasitas terpasang sebesar 866.100 ton/tahun. Artinya masih ada idle capacity sekitar 216.500 ton/tahun. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Anggota Komisi VI DPR, Amin Ak/Net
Harga Tabung Oksigen Medis Melambung Tinggi, Politikus PKS: Jangan Tambah Berat Beban Masyarakat Harga Tabung Oksigen Medis Melambung Tinggi, Politikus PKS: Jangan Tambah Berat Beban Masyarakat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar