Breaking News

Desain Poster Dikritik Mirip Sinetron hingga Viral 'Sekelas UI'


Linimasa Twitter diramaikan cuitan 'sekelas UI' hingga menjadi tren. Penyebabnya, poster penyambutan mahasiswa baru dari Universitas Indonesia (UI). UI angkat suara soal poster ini.

Dilihat detikcom pukul 15.50 WIB, Selasa (15/6/2021), sudah ada sekitar 2.000 cuitan 'sekelas UI' di Twitter. Para pengguna Twitter ramai-ramai beropini tentang poster UI yang disebut mereka 'tidak niat', bahkan 'mirip sinetron'. Memangnya, seperti apa poster UI ini?

Dalam poster yang diunggah akun Twitter resmi UI, poster tersebut menampilkan wajah 8 mahasiswa UI dengan latar belakang awan dan cahaya dari langit. Font atau jenis huruf di poster tersebut juga terkesan tidak lazim bagi sebagian pengguna Twitter, ada yang menyebutnya mirip meme atau mim.

"Selamat datang mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021," demikian tulisan di poster tersebut.

Penjelasan UI

Kepala Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, menyebut desain poster berujung viral 'sekelas UI' ini memang disengaja. Poster itu disebut sudah dipikirkan dengan matang.

"Ini memang sudah kami rencanakan cukup lama ya, jadi sudah dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Kami juga bikin riset," ujar Amelita saat dihubungi detikcom.

Amelita menyebut UI sudah punya satu pakem atau template poster. Namun, ada anggapan bahwa poster tersebut begitu-begitu saja alias mainstream. Terlebih, karakter mahasiswa sekarang dinilai tidak lagi serupa 4-5 tahun lalu.

"Karena ini kami masukkannya di social media UI di mana mahasiswa dengan karakteristik sendiri, kami kan ingin mereka juga tertarik, kita menyambut mereka dengan baik," ujar Amelita.

Pemilihan elemen grafis dalam poster yang disebut mirip sinetron juga disebut Amelita disengaja. Tujuannya tak lain adalah menggaet atensi masyarakat. UI ingin keluar dari pakem poster yang begitu-begitu saja. Dan memang terbukti, poster UI yang mirip sinetron ini mendapat perhatian lebih dari pengguna Twitter dengan 1.432 retweet, 6.376 tweet kutipan, dan 12,3 ribu suka hingga pukul 16.00 WIB hari ini.

"Jadi kita bikin yang seperti ini tentunya itu karena kita bikin seperti ini, elemen-elemen di dalam poster, elemen-elemen grafis itu sudah kami pertimbangkan. Misalnya background awan ala-ala sinetron, kalau tadi ada yang bilang, 'Wah, ini langsung ingat sinetron apa'. Memang itu sudah kami rencanakan," ujar Amelita.

"Jadi kami inginnya memang untuk lebih melenturkan sedikitlah. Antimainstream. Atau tadi yang dibilang untuk engagement juga ya. Kalau ada uang bilang ini kok kayaknya media sosial UI desainernya nggak oke ya, misalnya kok ini dibuatnya tidak serius ya. Ini kami bikinnya serius," imbuhnya.

Masih terkait viral 'sekelas UI', Amelita menyebut poster ala sinetron ini diunggah di berbagai media sosial resmi UI. Mereka memantau respons pengguna media sosial terhadap poster ini.

"Kalau melihatnya barangkali, persepsi kita bisa berbeda ya, tapi kalau kita melihat secara keseluruhan, kami memonitor, yang positif ada, yang negatif ada. Kan kita nggak bisa membuat semua orang menyenangi kita. Tapi yang positif juga ada dari yang social media strategist, misalnya ya, yang menganggap ini pasti ada sesuatu deh setelah ini," kata Amelita.
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Poster UI (Dok. Twitter UI)
Desain Poster Dikritik Mirip Sinetron hingga Viral 'Sekelas UI' Desain Poster Dikritik Mirip Sinetron hingga Viral 'Sekelas UI' Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar