Breaking News

Jika PT 0 Persen, Poros Serpong Dan Poros Jakarta Sangat Potensial Dipilih Rakyat


Meski masih tergolong baru, dua poros yang muncul belakangan ini dianggap potensial dipilih rakyat pada Pilpres 2024 mendatang.

Poros yang dimaksud adalah Poros Serpong antara Rizal Ramli (RR)-Gatot Nurmantyo, dan Poros Jakarta, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"(Dua) Poros tersebut sangat potensial dipilih rakyat, baik RR-Gatot maupun AHY-Anies," ujar pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam, yang dikutip dari RMOL, Rabu (12/5).

Akan tetapi, lanjut Saiful, kedua poros tersebut juga potensial terganjal oleh rekom partai politik (parpol) berdasarkan presidential threshold (PT) yang sangat tinggi untuk mengajukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Pertanyaannya kemudian, siapakah yang dapat meyakinkan parpol untuk memenuhi ketentuan Pasal 222 UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum di mana 'Pasangan calon (Paslon) yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik Peserta Pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada Pemilu anggota DPR sebelumnya," jelas Saiful.

"Kecuali PT tersebut dapat dipangkas menjadi 10 persen bahkan 0 persen," sambungnya.

Sementara, jika melihat kendaraan parpol, kata Saiful, Poros Jakarta lebih unggul karena ada AHY yang menjabat Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat.

"Meskipun secara ketokohan dan pengalaman, justru Anies yang semestinya yang lebih tepat diposisikan sebagai Capres, karena Anies pernah menjabat sebagai Menteri dan Gubernur DKI Jakarta saat ini," tuturnya.

Untuk Poros Serpong, Saiful juga menilai tetap memiliki peluang. Sayangnya, kedua tokoh tersebut belum ada parpol yang bisa menjadi kendaraan menuju 2024.

"Akan menarik kemudian kalau PT 0 persen, sehingga baik AHY-Anies maupun RR-Gatot sama peluangnya untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Meskipun harus melihat siapakah tokoh parpol lain yang akan diajukan," pungkas Saiful. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam/Ne
Jika PT 0 Persen, Poros Serpong Dan Poros Jakarta Sangat Potensial Dipilih Rakyat Jika PT 0 Persen, Poros Serpong Dan Poros Jakarta Sangat Potensial Dipilih Rakyat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar